Bikin Heboh, Video Detik-Detik Peluncuran Matahari Buatan China, Endingnya Mengenaskan, Cek Faktanya..

Tim Editor

Hoaks matahari buatan China

ERA.id - Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang diklaim sebagai peluncuran matahari buatan China. Video yang diposting akun pengguna TikTok @Riezty07 itu pun mendapat 54,9 ribu likes, 1.460 kali dibagikan, dan mendapat 3.119 komentar.

"Matahari buatan China yang sok jago dan akhirnya… mengenaskan.?" demikian narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, video yang diklaim peluncuran matahari buatan China itu salah. 

Faktanya, video tersebut merupakan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 yang membawa perjalanan 4 Astronot menuju International Space Station (ISS) yang terletak di orbit Bumi. 

Roket tersebut diluncurkan di Pusat Antariksa Kennedy NASA, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat tidak ada hubungannya dengan China. Dalam video terlihat seperti matahari terbit karena peluncuran dimulai pada pukul 5.49 pagi waktu setempat saat matahari belum terbit.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, matahari buatan China merupakan energi panas yang dihasilkan dari mesin penghasil reaksi fusi. 

Matahari buatan tersebut dibuat untuk menghasilkan sumber energi bersih yang ramah lingkungan yang mana selama ini kehidupan modern mengandalkan energi karbon yang menimbulkan polusi. Sehingga tidak ada hubungannya dengan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 di Amerika

Dengan demikian, klaim dalam video peluncuran matahari buatan china merupakan hoaks dengan kategori Koneksi yang Menyesatkan.

Tag: china matahari matahari buatan China

Bagikan: