Bantuan Rp500 Ribu Langsung dari Kemensos untuk Pekerja atau Pengangguran, Syaratnya Cuma Isi Kuisioner, Cek Faktanya

| 12 Aug 2021 11:00
Bantuan Rp500 Ribu Langsung dari Kemensos untuk Pekerja atau Pengangguran, Syaratnya Cuma Isi Kuisioner, Cek Faktanya
Ilustrasi (Eko Anug dari Pixabay)

ERA.id - Beredar informasi di media sosial Facebook dan aplikasi pesan WhatsApp terkait bantuan sebesar Rp500 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos RI) dengan syarat mengisi sebuah kuisioner. 

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, narasi bantuan tersebut ternyata hoaks. Melihat dari tautannya saja, narasi tersebut dapat disimpulkan bukan merupakan tautan resmi dari Kemensos RI.

Kemensos RI melalui akun Instagram resminya pun telah membantah kabar ini. Dalam unggahannya, pihak Kemensos RI menyatakan bahwa tidak ada bantuan senilai Rp500 ribu untuk masyarakat dengan syarat mengisi survey.

“Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial tidak pernah membuat situs web untuk pendaftaran penerima bonus dana bantuan covid-19 sebesar Rp.500.000.”

Kemensos RI menegaskan bahwa sebagai upaya penanganan dampak pandemi dan selama PPKM berlangsung, pemerintah melalui Kemensos RI mengeluarkan Program-Program Perlindungan Sosial, yakni PKH, Program Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Beras, serta mendirikan dapur umum untuk masyarakat yang terdampak.

Untuk mengecek kepesertaan bantuan sosial dapat melalui situs web https://cekbansos.kemensos,go.id

Jadi dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyatakan bantuan senilai Rp500 ribu dari Kemensos dengan mengisi survey adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Rekomendasi