Cara Daftar BLT BBM lewat Aplikasi Cek Bansos, Jangan Lewatkan Hak Anda

| 06 Sep 2022 19:06
Cara Daftar BLT BBM lewat Aplikasi Cek Bansos, Jangan Lewatkan Hak Anda
Ilustrasi penyerahan BLT BBM (antaranews)

ERA.id - Masyarakat bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) melalui Program Usul Sanggah di Aplikasi Cek Bansos. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Masyarakat tinggal mengikuti teknis cara daftar BLT BBM lewat aplikasi.

"Jadi warga bisa mengusulkan dirinya sendiri ke dalam program usul sanggah," terang Risma di Istana Merdeka, Jakarta, 3 September.

Menter Sosial, Tri Rismaharini (antaranews)

Dikutip Era dari laman Kemensos, Program Usul Sanggah merupakan fitur yang ada di dalam Aplikasi Cek Bansos. Program Usul Sanggah diadakan dengan tujuan mengatasi masalah data pihak yang berhak mendapatkan bantuan, tetapi tidak mendapatkan (exclusion error) atau sebaliknya.

Selain menggunakan Program Usul Sanggah yang ada di Aplikasi Cek Bansos, masyarakat juga bisa menghubungi command center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171.

Sebenarnya, BLT BBM akan disalurkan ke masyarakat berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Sosial (Kemensos) sehingga masyarakat tidak perlu mendaftar diri. Namun, jika ada warga yang merasa layak dan berhak mendapatkan BLT BBM, tetapi tidak mendapatkannya, bisa mengajukan diri menggunakan Aplikasi Cek Bansos.

Cara Daftar BLT BBM lewat Aplikasi Cek Bansos

Fitur Program Usul Sanggah akan Anda temukan di dalam Aplikasi Cek Bansos. Pemilik akun bisa mendaftarkan diri, keluarga, warga, atau fakir miskin lain secara langsung menggunakan tombol tambah usulan. Jika pemilik akun mengusulkan atau mengajukan anggota keluarga sendiri, status tertulis 1 KK.

Dilansir KompasTV, 4 September, berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan untuk mengajukan BLT BBM menggunakan fitur Program Usul Sanggah di Aplikasi Cek Bansos.

1. Fitur usul

a.    Mengunduh Aplikasi Cek Bansos di Play Store (Android) atau IOS (iPhone)

b.    Klik tombol menu "Daftar Usulan"

c.    Klik tombol "Tambah Usulan"

d.    Mengisi formulir

e.    Memilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH)

f.     Unggah 2 foto, yaitu foto KTP dan foto rumah tampak depan

2. Fitur sanggah

Ini memiliki fungsi yang berkebalikan dengan fitur usul. Fitur usul memungkinkan warga mendaftarkan diri sebagai penerima BLT BBM, sedangkan fitur sanggah digunakan untuk menilai apakah orang di sekitar Anda layak mendapat BLT atau tidak. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur sanggah.

a.    Membuka Aplikasi Cek Bansos

b.    Klik menu "Tanggapan Kelayakan"

c.    Halaman akan menampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal

d.    Kemudian, berikan tanggapan dengan memilih ikon (gambar) jempol. Ikon jempol menghadap ke bawah merupakan ikon yang digunakan untuk memberikan penilaian bahwa penerima tersebut tidak layak mendapatkan BLT BBM. Sementara, ikon jempol menghadap ke atas untuk memberikan penilaian bahwa orang tersebut memang layak mendapatkan BLT BBM

e.    Kemudian, berikan alasan Anda menyatakan orang tersebut tidak layak menerima BLT BBM

f.     Terakhir, klik "Kirimkan Tanggapan"

Setelah Anda mengajukan diri sebagai calon penerima manfaat menggunakan Program Usul Sanggah, Kemensos akan melakukan verifikasi data.

"Jadi masyarakat bisa mengusulkan sendiri. Nanti kita memang harus kita verifikasi, karena kalau tidak kita verifikasi nanti tidak sesuai juga," terang Mensos.

Setelah dilakukan verifikasi dan Anda dinyatakan berhak, BLT BBM sebesar Rp600.000 akan diberikan dalam dua tahap. Masing-masing tahap diberikan Rp 300.000.

Cara Cek Penerima BLT BBM

Dana yang disiapkan oleh pemerintah untuk BLT BBM adalah Rp12,4 triliun. Masing-masing penerima mendapatkan uang tunai sebanyak Rp300.000 yang diberikan dua kali, total Rp600.000.

"Kita berikan dalam dua tahap. Jadi per tahapnya Rp300 ribu. Kita berikan per September ini dan nanti pada awal Desember kita berikan (tahap) yang kedua," jelas Risma.

Kantor Pos, salah satu lokasi pengambilan BLT BBM (antaranews)

Penyaluran BLT BBM dilakukan dengan tiga cara, yaitu masyarakat mengambil sendiri ke Kantor Pos, bantuan disalurkan ke lembaga setempat (RT/RW, kelurahan, dan kecamatan), atau diberikan langsung ke rumah (bagi penerima dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke Kantor Pos).

Apakah Anda termasuk penerima manfaat? Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT BBM atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan dengan tahapan-tahapan berikut ini.

·         Masuk ke link https://cekbansos.kemensos.go.id/

·         Memasukkan data, yaitu nama lengkap sesuai KTP dan informasi wilayah domisili

·         Memasukkan kode captcha (terdiri dari 8 huruf), sertakan pula spasi sebagaimana yang terlihat dalam gambar

·         Klik "Cari Data"

·         Jika nama Anda muncul, Anda telah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos dan berhak mendapatkan BLT BBM sebesar Rp600.000.

Jika nama Anda tidak ada, tetapi Anda merasa berhak, cara daftar BLT BBM lewat Aplikasi Cek Bansos bisa dilakukan.

Rekomendasi