Jamin Ketersediaan, Menko PMK Minta Kepala Daerah Jangan Stok Vaksin

| 02 Sep 2021 17:40
Jamin Ketersediaan, Menko PMK Minta Kepala Daerah Jangan Stok Vaksin
Ilustrasi vaksin (Dok. Instagram biofarma_id)

ERA.id - Saat ini pemerintah tengah mempercepat program vaksinasi secara nasional. Terkait hal ini Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko) PMK Muhadjir Effendy meminta agar pemerintah di daerah tidak menyetok vaksin.

"Saya minta pimpinan daerah, jangan stok vaksin. Vaksin datang, suntikkan, vaksin datang, suntikkan," kata Muhadjir saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di RSUI Kustati Solo, Kamis (2/9/2021).

Terkait ketersediaan vaksin, Muhadjir menjamin hal ini. pasalnya saat ini pemerintah pusat terus mengupayakan ketersediaan vaksin untuk kebutuhan dalam negeri.

"Berkat kerja keras dari Bu Menlu dengan berbagai macam skema. Selain beli, ada upaya pengadaan vaksin melalui donor secara bilateral dan multilateral," ujarnya.

Muhadjir mengatakan saat ini pemerintah pusat terus melakukan pengadaan vaksin. Sehingga saat ini upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengupayakan agar pasokan vaksin ke daerah-daerah tidak telat.

"Selain itu kita juga harus berupaya untuk memperketat prokes (protokol kesehatan), tidak berkerumun lama-lama dan rajin cuci tangan. Insyaallah kita bisa mengendalikan Covid dan pertumbuhan ekonomi bisa digerakkan," katanya.

Rekomendasi