Euforia Piala Dunia Berpotensi Kalahkan Asian Games

| 30 Apr 2018 22:10
Euforia Piala Dunia Berpotensi Kalahkan Asian Games
Ketua Inasgoc Erick Thohir. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua INASGOC Erick Thohir khawatir euforia masyarakat Indonesia terbelah antara Asian Games dan Piala Dunia Rusia. Sebab, dua gelaran ini dilaksanakan berdekatan. 

"Kalau saya lihat memang sebentar lagi ada piala dunia. Bagaimana involvement masyarakat, mungkin pasti akan terpecah lagi," ucap Erick di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Senin (30/4/2018).

Apalagi, kata Erick, sebentar lagi masyarakat juga akan disibukkan dengan kegiatan mudik lebaran yang akan lebih mengurangi fokus masyarakat pada Asian Games.

"Kegiatan Piala Dunia dan mudik ini memang bukan excuse ya, tapi realita. Memang perlu waktu menunggu masa-masa itu berlalu. Tapi, kita harapkan tentu di ujung, ketika Asian Games itu berjalan, masyarakat akan involve," kata Erick.

Sosialisasi Asian Games sempat disebut belum menyentuh warga yang bermukim di kawasan pinggiran Jakarta. Menanggapi hal tersebut, Erick meminta Pemerintah Daerah di DKI ikut membantu mempromosikan kepada masyarakat.

"Itu tugasnya Pemda DKI juga buat bantu karena yang punya kan Pemda. Biar masing-masing kepala daerah yang bertugas. Seperti di Palembang, gubernurnya sudah ke daerah-daerah. Nah, yang di jakarta juga kita akan harapkan," tutur Erick.

Namun, Erick tetap optimis bahwa masyarakat nanti akan bisa lebih berpartisipasi saat pagelaran olimpiade olahraga se-Asia itu berlangsung.

"Kami optimis bahwa kami bersinergi, karena ini perannya bukan hanya peran Erick Thohir atau Pak Menteri Pariwisata, ini peran semua kok. Nanti, partisipasi masyarakat juga akan kami apresiasi," cetusnya.

Selain itu, Erick juga berencana akan memberikan tiket gratis menonton Asian Games untuk siswa-siswa sekolah, agar mereka dapat lebih berpartisipasi dalam penyelenggaraan olimpiade yang digelar Agustus 2018 tersebut.

Rekomendasi