Ferdinand Soroti Gesture Anies Saat Bakar Dupa di Vihara: Menunduk Hormati Dewa atau Keseleo Leher?

| 09 Sep 2021 13:13
Ferdinand Soroti <i>Gesture</i> Anies Saat Bakar Dupa di Vihara: Menunduk Hormati Dewa atau Keseleo Leher?
Ferdinand Hutahaean dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Mantan politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengomentari video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membakar dupa di Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ferdinand mempertanyakan gesture Anies saat mengunjungi vihara tersebut. Anies tampak berdiri dan sedikit menundukkan kepala.

Mantan anak buah SBY itu lantas membuat pertanyaan apakah saat Anies menunduk dirinya sedang menghormati dewa atau sedang keseleo.

"Foto sy capture dari video ketika Anies menyalakan hio di klenteng. Pertanyaan sy, saat Anies tegap berdiri dan menundukkan kepala didepan hio, kira2 Anies ngapain? Berdoa atau menunduk menghormat pada Dewa? Atau keseleo leher? Ada yang tau?" cuit Ferdinand di akun Twitternya, Kamis (9/9/2021).

"Edisi mancing emosi tuyul2 gurun," tambah dia.

Sebelumnya, Ferdinand juga menyebut bahwa aksi Anies membakar dupa di Vihara tersebut merupakan pura-pura. Ia lantas mengingatkan publik untuk tidak mudah percaya.

"Hidup dalam perbedaan itu mudah apalagi jika kepentingannya politik, melakukan hal yang berbeda pun mudah kita lakukan. Pesanku hanya satu, jangan pernah percaya kepada manusia yang berpura2..!!" tulis Ferdinand, kemarin.

Untuk diketahui, Anies Baswedan mengunjungi Vihara Dharma Jaya Toasebio, Jakarta, pada Minggu (5/9). Orang nomor satu di Ibu Kota itu menyampaikan apresiasinya kepada pengurus yang telah menjaga salah satu situs keagamaan yang bersejarah di Jakarta tersebut. 

Menurut Anies, vihara Toasebio telah memiliki sejarah panjang, di mana berdiri sejak tahun 1751 dan masih terawat hingga sekarang.

"Ini sebuah perjalanan tempat, bukan saja bangunan fisiknya, tapi di sini telah digunakan untuk ibadah dengan cerita perjalanan yang panjang," kata Anies dalam keterangan tertulisnya dikutip, Minggu (5/9/2021).

Rekomendasi