Ustaz Ini Haramkan Wisata ke Candi Borobudur, Abu Janda: Mereka Ustaz atau Setan, Kok Panas Sama Tempat Ibadah?

Tim Editor

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

ERA.id - Pegiat media sosial, Permadi Arya mengomentari video potongan ceramah Ustaz Sofyan Chalid yang mengharamkan umat Islam berwisata ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Pria yang akrab disapa Abu Janda ini lantas mempertanyakan gelar ustaz yang disandangkan kepada pria tersebut, sehingga merasa panas dengan tempat ibadah.

"Lagi rame di @detikcom , kata si ustad ini haram ke candi borobudur.. saya heran sama ustad2 ini 🤔 ke borobudur haram, ke gereja haram," tulis Abu Janda di akun Instagramnya, Kamis (16/9/2021). 

"Sebenarnya mereka ini ustad apa SETAN? 😅 kok panas banget sama tempat ibadah?" tambah dia.

Sebelumnya, video potongan ceramah Ustaz Sofyan Chalid yang mengharamkan umat Islam berwisata ke Candi Borobudur viral di media sosial.

Video tersebut merupakan video lawas yang kembali viral oleh akun channel YouTube Bismillah Everything dengan judul "Haram hukumnya berwisata ke Candi Borobudur-Ustazd Sofyan Chalid Ruray". 

Dalam video tersebut tampak pendakwah tersebut tengah membacakan pertanyaan dari selembar kertas yang ia pegang.

"Apa hukumnya wisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur?" jelas pertanyaan itu.

Ustaz Sofyan pun langsung menjawab dengan tegas bahwa perbuatan tersebut merupakan tindakan haram dan harus dihindari.

"Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka," jelasnya.

Tag: viral abu janda candi borobudur borobudur

Bagikan: