Abu Janda Tanggapi Komentar Khalid Basalamah Soal Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan: Agama Dipake Buat Kepo Ngurusin Orang..

| 16 Feb 2022 13:50
Abu Janda Tanggapi Komentar Khalid Basalamah Soal Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan: Agama Dipake Buat Kepo Ngurusin Orang..
Dorce Gamalama saat berbincang di kawasan Kemang, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (ANTARA News/Yogi Rachman) (ANTARA News/Yogi Rachman/)

ERA.id - Pegiat media sosial, Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda mengomentari pernyataan Ustaz Khalid Basalamah terkait wasiat mendiang Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan.

Lewat postingan di akun Instagramnya, Abu Janda membagikan tangkapan layar sebuah artikel berjudul, 'Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan Sebagai Seorang Perempuan, Khalid Basalamah: Tidak Boleh'.

Menurut Abu Janda, tidak seharusnya wasiat seseorang dinyinyirkan.

"Inna lillahi wainna ilaihi raji'un, telah berpulang bunda Dorce 😢 almarhum berwasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan (karena sudah dioperasi) eh ini walang sangit nyinyir.. kenapa sih wasiat orang harus dinyinyirin??" cuit Abu Janda, dilihat ERA, Rabu (16/2/2022).

Abu Janda juga menyayangkan saat ini agama banyak dialihfungsikan untuk mengurusi orang. Namun, tidak dipakai untuk benahi akhlak sendiri.

"Agama itu sekarang sudah beralih fungsi dipake untuk kepo ngurusin orang, tapi tidak pernah dipake untuk benahin akhlak diri sendiri," kata dia.

"Alfatehah buat bunda dorce 🙏 semoga amal ibadah bunda diterima di sisi-Nya, aamiin," lanjut dia.

Sebelumnya, dilansir laman YouTube Kebumen Mengaji, Ustaz Khalid Basalamah mmenyebut bahwa memandikan transgender harus kembali kepada jenis kelamin saat lahir.

"Kembali kepada jenis kelamin asalnya kalau laki-laki yang memandikan harus laki-laki walaupun sudah operasi. Dan ini tidak benar, nggak boleh operasi kelamin. Pemerintah harus melakukan hukum tegas," ujarnya.

Ustaz Khalid juga menyinggung pemerintah agar praktik operasi kelamin dilarang karena bisa menjadi contoh buruk.

Cara terbaik menurut ustaz Khalid adalah menyembuhkan penyakitnya dengan cara terapi agar bisa kembali kepada kodrat.

"Ia harus terapi berobat supaya bisa hilang dari penyakit itu. Kalau dia permepuan mengubah jadi laki-laki berarti harus perempuan yang memandikannya," tutupnya.

Untuk diketahui, artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Simprug, Jakarta dalam usia 58 tahun.

Dorce meninggal karena COVID-19, setelah sebelumnya kondisi kesehatan Dorce sempat menurun dan tidak sadarkan diri sehingga langsung dilarikan ke RSPP, Simprug.

Kami juga pernah menulis soal Kemarin Sebut Wayang Dilarang dalam Islam, Ustaz Khalid Basalamah Kini Minta Maaf: Tidak Ada Kata-kata Saya Haramkan Wayang Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi