Viral Harimau di Medan Zoo Kerempeng dan Makan Rumput, Bobby Nasution: Memang Lebih Kurus

| 28 Sep 2021 18:12
Viral Harimau di Medan Zoo Kerempeng dan Makan Rumput, Bobby Nasution: Memang Lebih Kurus
Viral seekor Harimau di Medan Zoo kurus dan makan rumput (tangkapan layar)

ERA.id - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution merespon terkait video viral seekor Harimau Sumatera kurus dan sedang makan rumput di Medan Zoo.

Menurutnya, dari informasi yang diterima bahwa postur tubuh Harimau Sumatera memang lebih kurus.

"Saya sudah dapat info dan penjelasan dari Medan Zoo, pertama jangan disamakan semua harimau, beda Harimau Benggala dengan Harimau Sumatera. Kalau Benggala itu lebih besar dan Harimau Sumatera itu biasanya lebih kurus. Tapi kemarin ada yang bilang kalau harimau itu kurus," kata Bobby Nasution di DPRD Kota Medan, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan Bobby, meski video tersebut telah menyebar dan belum sepenuhnya benar, namun akan menjadi perhatian Pemko Medan ke depan untuk memperbaiki dan memaksimalkan Medan Zoo.

Medan Zoo sebagai salah satu unit yang dikelola Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan, selain Kolam Renang Deli, diharapkan menjadi penopang PAD Kota Medan.

"Harusnya Medan Zoo ini bisa menghasilkan PAD tapi sampai saat ini belum apalagi selama pandemi selama level 4 dan darurat ini kita tutup dan tidak bisa menghasilkan dan beroperasi," ujarnya.

Menurutnya, ke depan setelah status PPKM di Kota Medan dilonggarkan menjadi Level III, Medan Zoo sebagai tempat wisata edukasi harus menjamin kenyamanan dan keamanan dari Covid-19.

Dia juga meminta direksi PUD Pembangunan yang baru saja dilantiknya berinovasi guna membangun perusahaan Kota Medan menjadi penyangga pendapatan daerah (PAD) lebih maksimal.

"Itu lahan Medan Zoo masih luas, masih banyak lagi yang belum digunakan. Kita tekankan jangan menutup diri dan silakan mengembangkan untuk membangkitkan nilai usahanya, silakan bekerjasama dengan berbagai pihak," kata Bobby.

Sebelumnya, Sebuah video Harimau dengan kondisi yang kurus dan sedang memakan rumput beredar dan viral di Media Sosial. Disebutkan bahwa satwa tersebut adalah Harimau Sumatera di kebun binatang Medan (Medan Zoo).

Dilihat dalam video itu, seekor harimau jenis Harimau Sumatera dengan kondisi kurus, berada di dalam kandang. Mirisnya, satwa dilindungi itu sedang memakan rumput.

"Berikut foto Harimau Sumatera yang ada di Medan kemarin, badannya kurus dan memakan rumput. Kejadian di kebun binatang Medan," narasi dalam video tersebut.

Rekomendasi