Pernah Lihat Presiden Main Galasin?

Tim Editor

Jokowi saat acara #JamMainKita di Halaman Belakang Istana Merdeka. (Foto: setkab.go.id)

Jakarta, era.id - Halaman belakang Istana Merdeka tampak berbeda. Tidak ada nuansa steril, yang tampak jelas adalah wajah-wajah keceriaan dari anak-anak. Masih dalam suasana Hari Pendidikan Nasional, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bermain bersama anak-anak SD di sana, Jumat (4/5/2018).

Kegiatan bertajuk #JamMainKita itu diawali dengan pertunjukan tarian yang dibawakan oleh anak-anak SD Inpres Sulu Distrik Agats, Asmat. Kemudian, tanpa rasa canggung, Jokowi dan Iriana pun menyanyikan lagu anak-anak secara medley bersama siswa SD, sambil memainkan kuda lumping.

Berbagai permainan anak-anak lainnya juga turut meramaikan acara #JamMainKita, di antaranya Ogor Ban, congklak, gobak sodor, engklek, egrang, gasing, serta lompat karet dan lompat tali. Mantan Gubernur DKI ini tak ketinggalan menjajal permainan tradisional ogor ban dan gobak sodor bersama para menteri yang hadir.

Permainan Gobak Sodor ini lebih banyak dikenal sebagai Galah Asin atau Galasin. Sebelum gadget merajalela, saban sore hingga malam, di berbagai perumahaan, kita bakal menemui keceriaan anak-anak bermain permainan ini. Berasal dari kata gobak dan sodor yang memiliki arti bergerak dengan bebas dan tombak. 

Baca Juga : Jokowi Minta Asian Games 2018 Menggema hingga Pelosok

Dalam kesempatan tadi, Presiden Jokowi sempat berulang kali menanyakan kepada anak-anak mengenai menteri-menteri yang mendampinginya hadir di acara #JamMainKita itu.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Ketua LPAI Kak Seto. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Sosial dan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bekerja sama dengan Johnson & Johnson.
 

Tag: jokowi

Bagikan: