KPK: Yang Ditangkap Anggota Komisi XI DPR

| 05 May 2018 10:45
KPK: Yang Ditangkap Anggota Komisi XI DPR
Juru bicara KPK Febri Diansyah (Tasya/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan dengan menangkap salah satu anggota Dewan, Jumat (4/5) kemarin. Anggota DPR itu adalah anggota Komisi XI. 

"Penyelenggara negara yang diamankan satu orang dari Komisi XI DPR-RI. Uang diduga berasal dari pihak swasta rekanan di daerah," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sabtu, (5/5/2018).

Diduga anggota Komisi XI tersebut menerima sejumlah uang terkait usulan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun anggaran 2018. Hingga kini, tim KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap anggota parlemen tersebut.

"Pagi ini KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang diamankan tersebut. Kami mendalami dugaan pemberian pada penyelenggara negara terkait dengan usulan anggaran dari daerah untuk masuk APBN-P 2018," ungkap Febri. Namun detail penerimaan dan siapa saja yang lantas naik status hukumnya akan dijelaskan saat konferensi pers sore atau malam hari ini.

Sebelumnya, sembilan orang termasuk anggota Dewan diamankan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT). KPK menduga transaksi suap itu terkait pengurusan anggaran. Bila ditelusuri, komisi yang membidangi keuangan dan anggaran berada di Komisi XI DPR. Selain itu, ada uang ratusan juta rupiah yang diamankan tim KPK.

"Kami juga amankan sejumlah uang ada ratusan juta dari lokasi dalam pecahan rupiah," lanjutnya.

Dari kesembilan orang yang ditangkap KPK ada unsur PNS, swasta, hingga anggota DPR yang belum disebut namanya oleh KPK.

Tags : ott kpk kpk
Rekomendasi