Benarkah Jokowi Presiden Pertama yang Menginjakkan Kaki di Papua?

Tim Editor

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat mengunungi Papua pada tahun 2019. (Foto: setkab.go.id)

ERA.id - Beredar informasi di media sosial yang mengklaim bahwa Jokowi adalah presiden pertama di Indonesia yang menginjakkan kaki di Tanah Papua. Benarkah?

Informasi itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Dukung Jokowi untuk 3 Periode dalam video berdurasi 6 menit. Dalam video tersebut tampak Jokowi yang sedang bercerita tentang kunjungan kerjanya di Papua. 

Pada video dan caption postingan terdapat klaim yang sama yaitu Jokowi merupakan presiden pertama yang menginjakkan kaki di Papua.

NARASI:

"Jokowi Adalah Presiden Pertama yang Menginjakan Kaki di Tanah Papua."

Setelah ditelusuri pada mesin pencari Google, dilansir laman turnbackhoax.id, ditemukan informasi bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjadi presiden pernah melakukan kunjungan ke Papua.

Melansir pada Kompas.com, SBY saat menjadi presiden pernah datang ke Papua dalam rangka meresmikan situs pekabaaran injil berupa Patung Yesus Kristus dan sejumlah proyek di Pulau Mansinam, Papua Barat, Minggu (24/8/2014). 

Informasi tersebut didapat dari artikel yang berjudul "Berpamitan, SBY Minta Maaf kepada Masyarakat Papua".

Dengan demikian, klaim bahwa Jokowi adalah Presiden pertama yang berkunjung ke Papua tidak benar. 

Selain Jokowi ternyata mantan Presiden SBY pada tahun 2014 pernah melalukan kunjungan ke Papua sehingga masuk dalam kategori konten yang salah.

Tag: jokowi berita hoaks papua cek fakta jokowi ke papua

Bagikan: