Alasan Kenapa Cari Kata 'Monyet Pake Jas Hujan' di Google yang Muncul Foto Jokowi Pakai Jas Hujan

| 27 Oct 2021 14:43
Tangkapan Layar

ERA.id - Jika kamu mencari kata 'monyet pake jas hujan' di Google lalu akan muncul foto Presiden Jokowi, ternyata ini alasannya.

Jika kamu mencari penelusuran di Google menggunakan keyword 'monyet pake jas hujan', lalu kita pilih hasil pencairan foto atau images, maka yang muncul di bagian paling atas adalah gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto yang muncul adalah foto Presiden Jokowi yang tengah menggunakan jas hujan berwarna hijau dan menerjang hujan deras.

Hingga hari ini, Rabu (27/102021), foto Jokowi masih muncul di bagian atas pada saat kata kunci 'monyet pake jas hujan' dicari di Google.

Foto-foto yang ditampilkan di bagian atas merupakan foto beberapa media online yang menampilkan kunjungan kerja Presiden beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari Antara, Presiden Jokowi mengenakan jas hujan plastik berwarna hijau saat melakukan kunjunga nkerja di Desa Harkat Jaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 7 Januari 2020 tahun lalu.

Jokowi menuju ke Desa Harkat Jaya untuk meninjau tempat pengugsian korban bencana alam longsor di beberapa daerah di Kabupaten Bogor.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09:30 WIB. Namun baru sekitar 10 menit meninjau, hujan deras turun dan membuat kepala negara menutupi kepalanya dengan tas yang pada waktu itu ia pegang.

Kemudian sang ajudan sigap memberikan jas hujan berbahan plastik berwarna hijau kepada presiden.

Jas hujan seharga Rp10 ribu itu digunakan Jokowi untuk menembus hujan lebat di lokasi pengungsian.

Kenapa gambar Presiden Jokowi muncul pada saat kita melakukan pencarian menggunakan kata kunci 'monyet pake jas hujan'?

Dikutip dari berbagai sumber, hal ini terjadi lantaran algoritma Google mendeteksi jas hujan sebagai kata kunci hasil akhir pencarian.

Jika foto monyet memakai jas hujan tidak ada, maka Google akan mencari gambar lain menggunakan kata belakang yang dicari, yakni 'jas hujan'.

Sementara itu, berita atau foto soal jas hujan yang paling banyak adalah gambar Presiden Jokowi memakai jas hujan berwarna hijau.

Entah siapa yang memulai menggunakan kata kunci tersebut sebagai hasil pencarian foto Presiden Jokowi, yang jelas menghina Presiden termasuk tindakan tidak terpuji dan melanggar hukum.


Rekomendasi