Viral! Ceramah Lawas Anies: Hanya Keturunan Arab yang Deklarasi Tanah Air Sebelum Indonesia Ada..

Tim Editor

Anies Baswedan saat mengunjungi Markas FPI di Petamburan, Jakarta. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Jelang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini 28 Oktober 2021, beredar ceramah lawas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam ceramahnya Anies menyebut hanya keturunan Arab yang mendeklarasikan Tanah Air sebelum Indonesia ada.

Video itu diketahui diambil di Markas Front Pembela Islam (FPI) Petamburan, pada tahun 2017 saat Anies masih menjadi calon gubernur DKI. Terlihat eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab juga tampak khusyuk mendengar ceramah Anies.

"Orang tua kami dulu pendiri PAI, Partai Arab Indonesia. Partai Arab itu mendeklarasikan satu, tanah airnya Indonesia. Mengatakan tahan air Idonesia di tahunnya 34," kata Anies dalam video yang dibagikan akun Twitter @RD_4WR1212, Rabu (27/10/2021).

Menurut Anies, orang Arab saat itu berani berikrar tanah airnya Indonesia. Padahal saat itu, Indonesia belum berbentuk negara.

"Bapak-ibu sekalian orang Arab mengatakan tanah airnya itu Indonesia, tahunnya 34 apa sih coba kita pikir yang terjadi itu? nekat. Tahun 34 nekat kenapa? apakah Indonesia sudah ada? belum. Kalau orang Jawa mengatakan saya indonesia ternyata Indonesia tidak terjadi, dia tetap jawa."

"Orang Bugis mengatakan saya Indonesia, ternyata Indonesia tidak jadi, maka dia tetap Bugis. Lah ini orang Arab mengatakan saya Indonesia barangnya belom ada, kalo ternyata Indonesia tidak terjadi, mau ngaku Jawa nggak bisa, mau ngaku Arab dia sudah bilang saya Indonesia."

Mantan Mendikbud itu menegaskan bahwa sebelum Indonesia ada, hanya orang keturunan Arab yang berani berikrar bertanah air Indonesia.

"Mereka itu menyatakan sumpah pada tanah air sebelum indonesianya ada, tidak ada yang lain yang melakukan itu kecuali keturunan Arab di Indonesia," kata Anies.

Video yang dibagikan akun Twitter @RD_4WR1212 itu pun mendapat reaksi beragam dari warganet hingga disukai sebanyak 370 kali.

"Twips Dengerin Ceramah Mantan Mendikbud Capres RI Ke 2024. 1 Hari Lagi 28 Oktober 1928 Sumpah Pemuda di Laksanakan. Anies Mengatakan Hanya Orang Arab yg mendeklarasikan Tanah Air Indonesia sebelum Indonesia ada, Tidak ada yang melakukan itu kecuali keturunan Arab di Indonesia," kata akun @RD_4WR1212.

"Jong ambon, sumatra, sulawesi, borneo, jawa, bali dll ada di wilayah indonesia...  Jong Arab wilayahnya sebelah mana yaah.." @a_sukma***.

"Mantan Mendikbud yang tidak tau sejarah atau ingin membelokkan sejarah," kata @AAlfar***.

"HIDUPnya sejak PilGub DKI sampai sekarang, selalu di isi dengan KEBOHONGAN..." kata @MarahIch***.

Tag: fpi viral anies baswedan hari sumpah pemuda sumpah pemuda

Bagikan: