Viral! Hidayat Nur Wahid Akui PKS Tak Menganut Pancasila, Benarkah?

| 30 Oct 2021 14:02
Viral! Hidayat Nur Wahid Akui PKS Tak Menganut Pancasila, Benarkah?
Hidayat Nur Wahid. (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar sebuah informasi yang menyebut bahwa Hidayat Nur Wahid mengakui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak menganut asas Pancasila.

Kabar itu beredar lewat postingan Facebook yang membagikan sebuah tangkapan layar artikel berita berjudul "HIDAYAT NUR WAHID AKUI PKS TAK MENGANUT ASAS PANCASILA" dengan narasi "Sudah seharusnya partai yg tidak BERIDIOLOGIKAN Pancasila harus di bubarkan, dan sudah semestinya pemerintah tegas dalam hal ini.

KPU PUN HARUS DAN WAJIB UNTUK TIDAK MENGIJINKAN PKS TAK IKUT PESERTA PEMILU BAIK DARI PILEG,PILGUP,PILPRES BAHKAN TAK BOLEH UNTUK MENJADI ANGGOTA PNS, RT/RW DLL. INGAT IDIOLOGI KITA PANCASILA. TAK BOLEH DAN TAK AKAN PERNAH BOLEH SIAPAPUN MENGGANTI PANCASILA KARNA PANCASILA ADALAH LANDASAN DAN DASAR UTAMA DALAM KITA BERNEGARA !!”.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim bahwa Hidayat Nur Wahid mengakui PKS tak menganut asas Pancasila adalah salah. 

Dilansir dari detik.com pada Kamis (04/04/13), Hidayat Nur Wahid hanya pernah menolak Pancasila dijadikan asas tunggal dalam Rancangan Undang-Undang Organisasi Masyarakat (Ormas). 

Melalui pencarian gambar di google, tidak ditemukan artikel dalam unggahan. Namun foto Hidayat memang sering digunakan di berbagai artikel media, salah satunya artikel dari merdeka.com berjudul “Hidayat Nur Wahid: PKS bukan raja bolos” terbit pada Rabu (15/05/13).

Hoaks ini merupakan hoaks berulang dan pernah dibahas di turnbackhoax.com dengan judul “[SALAH] Hidayat Nurwahid Akui PKS Tak Menganut Ideologi Pancasila”, pada (12/03/21). 

Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa postingan tersebut adalah hoaks kategori konten yang menyesatkan.

Rekomendasi