NU Cabang Nasrani Gelar Lomba Natal 2021, Ada Lomba Rohani Gereja hingga Musik Gerejawi, Benarkah?

| 25 Dec 2021 11:27
NU Cabang Nasrani Gelar Lomba Natal 2021, Ada Lomba Rohani Gereja hingga Musik Gerejawi, Benarkah?
Hoaks NU Cabang Nasrani. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah poster yang diklaim milik Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Nasrani yang menggelar perlombaan Natal 2021 bagi seluruh warga NU di Indonesia. Poster itu diunggah di Facebook dan mendapatkan respons cukup tinggi.

Poster yang berlatar belakang warna merah tersebut menyebutkan beberapa kategori perlombaan yang akan diselenggarakan yaitu lomba rohani gereja, lomba pidato, musik gerejawi, dan tarian tradisional.

Di poster tersebut juga terpampang wajah Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj selaku pembina acara, dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebagai ketua panitia acara Natal 2021.

Narasi:

"Bismillah silahkan daftar”

“Sukseskan Natal Bersama Warga Nadhiyin 2021, IKUTILAH PerlombaanMeriahkan Natal 2021 Warga Nadhiyin se Indonesia.

Lagu Rohani Gereja

Lomba Pidato

Musik Gerejawi

Tarian Tradisional

Batas Akhir 22 Desember 2021 tempat pendaftaran:

Kantor PWNU disetiap Provinsi di Indonesia

Dapatkan Hadiah Menarik.

KH. Said Aqil Siraj (Ketua Umum PBNU & Pembina Acara)

H. Yaqul Cholil Qoumas (Ketua Panitia Acara Natal 2021)."

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, informasi tersebut salah. Dilansir dari Jawa Pos, menanggapi poster yang beredar, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Robikin Emhas mengeluarkan pernyataan bahwa poster tersebut hoaks, “itu hoaks” jelas Robikin.

Robinkin juga menyesalkan pembuat hoaks NU menggelar perlombaan Natal tersebut “Hoaks seperti itu sangat menyesatkan, saya sesalkan,” tegasnya.

Selain itu, Ketua PBNU Marsudi Syuhud mengatakan bahwa saat ini PBNU tengah disibukkan dengan hajatan Muktamar NU ke-34 di Lampung Tengah dan tidak ada acara lain “Lagi pada sibuk Muktamar, jadi tidak ada acara lain,” ungkapnya.

Dengan demikian, klaim NU cabang nasrani menggelar perlombaan Natal 2021 adalah informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori konten imposter.

Rekomendasi