Indonesia Diyakini Bakal Jadi Bangsa Pemenang

| 20 May 2018 20:10
Indonesia Diyakini Bakal Jadi Bangsa Pemenang
Seskab Pramono Anung dalam wawancara di ruang kerjanya (Foto: Setkab)
Jakarta, era.id - Negeri ini memang terus dirundung masalah. Dan sebagian besar justru terjadi dalam negeri sendiri. Namun yakinlah kalian, kalau kita punya modal kuat untuk menyelesaikannya. 

Negeri ini punya konstitusi dan ideologi Pancasila. Kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, perbedaan yang ada, bisa dipersatukan ke lagi.

"Sehingga itulah yang menjadi modal sosial bangsa kita pada saat ini, dan saya meyakini dengan modal sosial ini bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang pemenang," kata Pramono Anung seperti dilansir dari situs resmi Setkab, Minggu (20/5/2018).

Artinya, kebinekaan yang ada ini sebenarnya menjadi modal sosial, bukan melemahkan tetapi menguatkan. Karena bagaimanapun bangsa ini dibentuk beraneka ragam, dan terdiri dari banyak suku. Pramono yakin Indonesia ke depan akan menjadi bangsa pemenang karena sudah mempunyai konstitusi yang mempersatukan dan ideologi yang kuat.

"Saya yakin itu," tegas Seskab.

Pramono juga mengingatkan soal rencana peluncuran sistem pelayanan terpadu online atau Online Single Submission (OSS) secara nasional. Kalau kita mau maju maka bangsa ini pun harus mengubah diri. Salah satu yang harus diubah, adalah aparat birokrasi pemerintahan. 

Ia mengingatkan, Indonesia sekarang sudah menjadi anggota G20, dan nomor 16 di dunia. Kalau pertumbuhan ekonomi ini bisa dijaga, kemudian pemerintah melakukan reformasi di bidang birokrasi, melakukan perbaikan di bidang perizinan, salah satunya adalah Online Single Submission, maka diyakini ini akan membuat investor semakin berbondong-bondong datang ke Indonesia.

"Karena menjadi lebih transparan, lebih mudah, lebih terbuka, dan tidak berbelit-belit. Ini yang menjadikan investor pada waktu yang lalu mereka enggan datang ke Indonesia," terang Pramono.

Kini, setelah 110 tahun, perayaan Hari Kebangkitan Nasional punya tema yang tegas. Yaitu 'Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital'. Pemerintah menyiapkan logo khusus untuk perayaan ini. Logo Harkitnas ke 110 tahun ini, dihiasi oleh lingkaran burung garuda merah yang menghadap kiri dengan seruan "Bangkit Indonesia!".

Merayakan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengingatkan masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial, sebagai makna kebangkitan teknologi informasi dan komunikasi. 

Rekomendasi