Dulu TMII Terawat, Kini Berantakan dan Terbengkalai setelah Diambil Alih oleh Pemerintah, Benarkah?

Tim Editor

Kondisi terkini TMII. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah video yang memperlihatkan kondisi Snowbay dan Museum Telekomunikasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tampak tak terawat setelah diambil alih oleh pemerintah.

Video itu diunggah oleh akun Twitter Romitsu Top (@RomitsuT) dengan narasi kondisi sebelum dan sesudah diambil alih dan dikelola pemerintah. Cuitan yang diunggah pada 19 Januari 2022 itu mendapat atensi berupa 997 balasan, 2.310 retweet, dan 5.760 suka.

Narasi:


TMII sebelum dan sesudah di ambil alih dan dikelola oleh Pemerintah.

Ambyeaaarrrrrrrr…….merusak bukan menambah baik.”

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, baik Snowbay dan Museum Telekomunikasi TMII (Taman Mini Indonesia Indah) telah ditutup sejak tahun 2020.

Mengutip dari Kompas, Museum Telekomunikasi di TMII ditutup pada 4 Februari 2020. Kepala Humas TMII, Adi Widodo mengatakan bahwa kondisi gedung yang sudah tidak terawat menjadi alasan ditutupnya museum tersebut.

“Ditutup baru-baru ini, kemarin-kemarin itu masih bisa (dibuka), karena kondisi (museum) tidak layak ya, tidak terawat, termasuk lingkungannya yang ada di dalamnya juga. Yang jaga juga sedikit, jadi demi keamanan dan kenyamanan sementara ditutup,” ungkap Adi saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Selain Museum Telekomunikasi, Snowbay Waterpark TMII juga ditutup akibat imbas pandemi Covid-19. Seperti yang dilaporkan oleh IDN Times Jabar pada 24 Mei 2020, penutupan Snowbay Waterpark ini bersamaan dengan penutupan akses masuk ke area TMII. Tempat wisata tersebut terlihat terbengkalai tanpa adanya petugas kebersihan maupun keamanan.

Kemudian, TMII secara resmi diambil alih pemerintah sejak April 2021 untuk dilakukan perbaikan. Mengutip dari Kompas, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dalam konferensi pers di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (9/4/2021) menyampaikan bahwa kerugian yang dialami pengelola TMII setiap tahunnya yang mencapai Rp40 miliar hingga Rp50 miliar menjadi salah satu pertimbangan pengambilalihan TMII oleh pemerintah. TMII akan direvitalisasi dengan salah satunya menghilangkan Snowbay Waterpark yang dianggap tidak sejalan dengan semangat taman mini.

“Snow bay itu mau dibereskan. Kita bisa pakai untuk sesuatu yang lebih sejalan dengan jiwa dan semangat taman mini,” jelas Direktur Proyek Urban+ Rahman Wijaya.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Romitsu Top (@RomitsuT) dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Tag: berita hoaks cek fakta tmii Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Bagikan: