Ustaz Ini Bilang 'Siapa yang Tidak Percaya Bumi Datar Dia Kufur', Eko Kuntadhi: Semua Penceramah Ini, Menganut Ajaran Wahabi!

| 16 Feb 2022 12:12
Ustaz Ini Bilang 'Siapa yang Tidak Percaya Bumi Datar Dia Kufur', Eko Kuntadhi: Semua Penceramah Ini, Menganut Ajaran Wahabi!
Ustaz Zainal Abidin. (YouTube/Yufid TV)

ERA.id - Pegiat media sosial, Eko Kuntadhi membagikan kompilasi potongan video ceramah para ustaz yang menyatakan bahwa bumi itu datar.

Lewat postingan di akun Twitternya, Eko Kuntadhi membagikan video ceramah Ustadz Zainal Abidin yang mengutip pernyataan seorang ulama Arab Saudi bernama Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz yang menulis dalam bukunya bahwa bumi itu datar.

"Bahkan sampai menyatakan siapa yang tidak percaya tentang bumi ini datar, dia kufur," kata Ustaz Zainal Abidin.

"Saya lebih baik ditertawakan oleh manusia daripada bertolak belakang dengan keyakinan yang diterangkan dalam ayat," lanjut dia.

Masih dalam video yang sama, ada juga pernyataan dari Ustaz Zulkifli Ali yang juga menyatakan bahwa bumi itu datar. "Bumi ini adalah datar, itu fatwa para ulama. Fatwa Syaikhul Islam Ibu Taimiyyah," kata dia.

Terakhir Ustaz Firanda Andirja juga menyatakan bahwa bumi itu datar berdasarkan keterangan dalam Al-Qur'an.

"Ternyata Al-Ardl, flat (datar) ternyata. Berdasarkan beberapa nash ayat dan hadis, bumi ini datar," kata dia.

Menanggapi itu, Eko Kuntadhi menyebut bahwa para ustaz dalam video tersebut berpaham aliran wahabi.

"Semua penceramah ini, menganut ajaran Wahabi. Waktu pelajaran geografi di dulu, kayaknya mereka terkunci di WC sekolah..." kata Eko.

Ia menambahkan bahwa pada abad pertengahan yang menjauh dari pengetahuan adalah gereja. Hal itu karena menentang dengan keras teori ilmuan Galileo Galilei soal bumi bulat.

"Kini, di era digital, malah Wahabi yang menyeret umat Islam ke kubangan itu," kata Eko.

"Jadi mahluk kok. gak bisa mengambil pelajaran," tambah dia.

Rekomendasi