Teknisi Pesawat Sebut Chemtrail Merupakan Senjata Biologis, Benarkah?

| 17 Feb 2022 16:43
Teknisi Pesawat Sebut Chemtrail Merupakan Senjata Biologis, Benarkah?
Chemtrail (Twitter)

ERA.id - Beredar informasi di Twitter yang mengklaim bahwa pesawat yang mengeluarkan asap dapat berbahaya bagi tubuh manusia.

Dalam video yang dibagikan pada Tweet tersebut disebutkan asap yang keluar merupakan proses Chemtrail yang menyebarkan penyakit seperti influenza, mata perih, gangguan paru-paru, hingga demam beberapa hari yang tidak diketahui sebabnya.

Video itu pun bernarasi:

Pernah nggak liat asap putih keluar? Saya asli teknisi pesawat. Pesawat lewat di bawah 10.000 km tidak ada asap putih keluar dari mesin pesawat. Liat asap putih keluar pesawat itu senjata biologis. Biasanya pakai bom. Yang soft, itu bikin symptom-symptom seperti influenza, pas hujan mata perih, kuping ada bunyi, batuk pilek, gangguan paru-paru, anak demam berapa hari nggak tahu kenapa. 100 negara lebih korban dari senjata itu. Saya ada dokumentasi di Jakarta rekaman dari saya sendiri dua tahun

Setelah ditelusuri oleh Turnbackhoax.id, klaim tersebut salah. Faktanya, asap putih yang menyerupai awan yang keluar dari pesawat tersebut merupakan condensation trail. Mengutip dari rri.co.id asap menyerupai awan tersebut keluar karena adanya jejak uap air terkondensasi yang muncul dari sisa pembakaran mesin pesawat. Jejak kondensasi ini dapat terlihat dalam waktu beberapa detik atau menit, atau bahkan berjam-jam, tergantung pada kondisi atmosfer.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Penerbangan TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah asap yang keluar dari pesawat merupakan hal yang biasa. Ia juga menambahkan bahwa hal tersebut merupakan hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat, “ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud,” ujarnya.

Kabar Chemtrail yang dikeluarkan dari pesawat ini merupakan konspirasi dan hoaks lama yang tersebar kembali. Dengan demikian klaim Asap Putih dari Pesawat Merupakan Chemtrail Senjata Biologis Berbahaya merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

Rekomendasi