Ade Armando Sebut Menteri Agama Bakal Di-Ahok-kan oleh Massa 212: Dia Difitnah sebagai Penoda Agama

| 04 Mar 2022 17:05
Ade Armando Sebut Menteri Agama Bakal Di-Ahok-kan oleh Massa 212: Dia Difitnah sebagai Penoda Agama
Ade Armando (CokroTV)

ERA.id - Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar aksi demo menuntut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mundur dari jabatannya dan meminta penegak hukum segera memenjarakannya karena tuduhan penodaan agama, Jumat (4/3/2022).

Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando melihat aksi bela Islam oleh PA 212 ini merupakan upaya menjadikan Gus Yaqut seperti Ahok.

Menurutnya, kalau dulu Ahok difitnah sebagai penghina agama, dijungkalkan dari posisi gubernur dan masuk penjara, sekarang Gus Yaqut pun kurang lebih begitu.

“Dia difitnah sebagai penoda agama berusaha digulingkan dari posisinya sebagai menteri, bahkan juga berusaha dimasukkan ke penjara,” kata Ade Armando dalam keterangannya di kanal YouTube Cokro TV, Jumat (4/3/2022).

Ade menyebut, serangan terhadap Gus Yaqut jelas dilakukan secara terorkestrasi. Mulai ada gerakan bersama dari organisasi yang menamakan diri Aksi Bela Islam, Alumni 212, Forum Betawi Rempuk dan Lembaga Kerapatan Adat dan Alam Minangkabau.

Namun ia yakin betul upaya itu akan gagal. Ada sejumlah alasan.

“Pertama, Gus Yaqut mungkin dibenci tapi dia tetaplah muslim. Gus Yaqut dibenci karena dia dikenal pluralis. Cara pandang keagamaannya mirip dengan Gus Dur. Buat dia agama seharusnya tidak mengkotak-kotakkan manusia,” ucapnya.

Rekomendasi