Jokowi Siram Mobil Esemka yang Telah Ditaburi Kembang, Roy Suryo Singgung Metaverse: Ambyar!

| 14 Mar 2022 08:00
Jokowi Siram Mobil Esemka yang Telah Ditaburi Kembang, Roy Suryo Singgung Metaverse: Ambyar!
Jokowi saat menyiram mobil Esemka (Roy Suryo)

ERA.id - Masih ingat mobil Esemka, kendaraan yang diagung-agungkan mantan Wali Kota Solo, Joko Widodo?

Kalau ingat, barangkali, Anda termasuk yang mengaku, kalau mobil itu yang melambungkan nama Presiden Jokowi ke panggung politik nasional,

Kini, Esemka entah bagaimana kabarnya. Menurut informasi, Esemka sudah banyak peminatnya sejak diluncurkan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka).

Adapun pabrik sekaligus diler yang berlokasi di Dusun II, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) itu disebut sudah memproduksi mobil andalan Jokowi itu sejak September 2019.

Selama ini produksi yang dilakukan di pabrik yang memiliki luas 12.500 meter persegi itu masih terbatas untuk tipe Bima 1.2 dan juga Bima 1.3.

Kendaraan ini juga dianggap mendapatkan respons yang cukup bagus oleh masyarakat. Konon, banyak instansi yang membeli mobil buatan dalam negeri tersebut.

Soal Esemka sendiri, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga dari Demokrat, Roy Suryo, mengenang momen Jokowi bersama mobil tersebut.

Dalam unggahannya di Twitter, Roy memasang empat foto Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo. Dalam foto itu, terlihat Jokowi menyiram mobil Esemka dengan air wadah berwarna perak.

Di atas mobil Esemka, terlihat pula kembang berbagai warna. Selain itu, ada pula perempuan dan lelaki memakai pakaian adat Jawa, tampak mengelilingi wadah berwarna perak tersebut.

Intinya, orang-orang yang berpakaian adat tersebut, seperti membacakan sebuah mantra untuk mobil Esemka yang kini sangat jarang terlihat mengaspal di jalanan tersebut.

Akhirnya, Roy pun menulis kalimat yang menohok untuk pemerintahan Jokowi.

"Melakukan Tradisi "Ritual" di era Society 5.0 / Metaverse sbg Penghormatan Akar Budaya Adiluhung Nusantara sih boleh2 saja. Namun hrs dilandasi dgn Niat Tulus, Kejujuran, Usaha Keras & Jangan lupa utk tetap Berdoa kpd Tuhan YME, Allah SWT, agar tdk berujung spt ESEMKA... AMBYAR."

Rekomendasi