6 Gubernur Tak Hadir Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Siapa Saja Mereka?

| 14 Mar 2022 14:12
6 Gubernur Tak Hadir Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Siapa Saja Mereka?
Titik Nol IKN (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengundang 34 gubernur dari seluruh Indonesia untuk megikuti prosesi Air dan Tanah yang digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (14/3/2022).

Namun, tak semua gubernur dapat menghadiri acara tersebut. Tercatat ada enam gubernur yang absen dari prosesi tersebut.

Pertama yaitu Gubernur Papua Lukas Enembe yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Derek Hagemu.

Kemudian Gubernur Bali Wayan Koster juga tak hadir dan diwakili oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati. Gubernur Banten Wahidin Halim juga absen dan mengurus Andika Hazrumy.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman juga absen dan mengutus Wakil Gubernur Abdul Fatah. Lalu Gubernur Gorontalo juga hanya diwakili oleh Idrim Rahim. Sedangkan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianti Sabran juga diwakili oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Dalam prosesi tersebut masing-masing gubernur maupun yang mewakili diwajibkan membawa air dan tanah dari daerahnya masing-masing. Air dan tanah tersebut kemudian dituangkan langsung oleh Jokowi ke dalam Bejana Nusantara yang menjadi simbol  penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air yang dibawanya dari Kampung Akuarium, Jakarta Timur kepada Jokowi.

Prosesi itu ditutup dengan penyerahan tanah dan air oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Khusus Kalimantan Timur, air dan tanah diambil dari dua wilayah yang masuk dalam Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kesultanan Paser.

Setelah prosesi penyatuan tanah dan air itu, Jokowi bersama para gubernur melanjutkan acara dengan prosesi penenaman pohon. Setiap gubernur menanam pohon khas dari daerahnya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi hadir bersama sejumlah menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri KLHK Siti Nurbaya, serta menteri lainnya dan didampingi Ibu Negara, Iriana.

Hadir juga di tengah acara tersebut Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe. Selain itu, tampak Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Tags :
Rekomendasi