Pimpinan Korut Kirim Surat untuk Trump

| 01 Jun 2018 21:43
Pimpinan Korut Kirim Surat untuk Trump
Donald Trump saat ditemui Kim Kardashian (Foto: @realDonaldTrump)
Washington, era.id - Pejabat tinggi Korea Utara akan menyerahkan surat dari Kim Jong-un kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat mengunjungi Gedung Putih pada Jumat (1/6/2018). 

Trump dan Kim dijadwalkan menggelar pertemuan bersejarah di Singapura pada 12 Juni untuk membahas penghapusan nuklir di Semenanjung Korea. Namun, Trump mengatakan, kemungkinan pertemuan seperti ini dilakukan lebih dari satu kali untuk mencapai tujuan tersebut.

"Saya ingin menyelesaikannya dalam satu pertemuan," kata Trump kepada Reuters.

"Namun, seringkali kesepakatan tidak bisa diraih dalam satu kali perundingan. Kemungkinan besar, kesepakatan ini akan tercapai dalam satu, dua, atau tiga pertemuan," kata dia.

Perwakilan Korea Utara yang datang ke Gedung Putih adalah Kim Yong-chol, yang dikenal dekat dengan Kim Jong-un.

Namun, Juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley mengatakan, rincian acara kunjungan delegasi Korea Utara masih belum final. Dia menambahkan, belum jelas apakah Trump akan menerima Kim Yong Chol di Ruang Oval.

Dia juga belum tahu apa yang ditulis oleh pemimpin Korea Utara dalam suratnya kepada Trump, meski banyak pihak yang mengatakan bahwa surat tersebut menaikkan harapan akan terselenggaranya perundingan langsung kedua pemimpin negara.

Setelah saling ancam untuk berperang pada tahun lalu, Kim dan Trump sepakat menggelar pertemuan pada 12 Juni. Namun, Trump sempat membatalkan rencana itu pada pekan lalu dengan alasan 'sikap permusuhan terbuka' dari Kim.

Namun demikian, Trump juga meminta Kim untuk menelepon atau menulis surat jika tetap ingin bertemu.

Sehari setelahnya, kedua pihak langsung berunding untuk menyelamatkan rencana itu dan Kim Yong-chol terbang ke New York pada pekan ini untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.

Pompeo mengatakan bahwa tidak ada solusi instan untuk masalah nuklir di Korea.

"Mereka memilih jalan yang sangat berbeda dari yang telah negara tersebut lakukan selama beberapa dekade terakhir. Jadi tidak mengejutkan jika akan ada halangan," kata Pompeo.

Program persenjataan nuklir Korea Utara mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir sehingga berpotensi mengancam Amerika Serikat. Tujuan utama Trump dalam pertemuannya dengan Kim adalah menghapus ancaman itu.

Di Pyongyang, Kim mengatakan niatnya untuk menghapus nuklir di semenanjung Korea masih belum berubah dan berharap hubungan negaranya dengan Amerika Serikat bisa membaik secara bertahap.

Pada 2000, Korea Utara untuk pertama kalinya mengirim delegasi ke Gedung Putih. Saat itu Presiden Bill Clinton bertemu dengan pejabat tinggi Jo Myong-rok untuk upaya serupa.

Keduanya bertemu 45 menit dan Jo saat itu juga menyerahkan surat kepada Clinton dari Kim Jong-il, ayah pemimpin Korea Utara sekarang.

Rekomendasi