Beredar Video Presiden Putin Jelaskan Secara Logis Hadits Nabi Muhammad Soal Perang Akhir Zaman, Benarkah?

| 16 Mar 2022 08:32
Beredar Video Presiden Putin Jelaskan Secara Logis Hadits Nabi Muhammad Soal Perang Akhir Zaman, Benarkah?
Presiden Rusia Vladimir Putin (en.kremlin.ru)

ERA.id - Akun Instagram dengan nama pengguna “faktaduniakini” mengunggah sebuah video Presiden Rusia Vladimir Putin yang tengah berbicara dalam beberapa acara diskusi. Video tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa dalam video tersebut, Putin telah menjelaskan nubuat Nabi Muhammad.

akun tersebut menuliskan narasi:

“Gamblang! Putin Jelaskan secara Logis Nubuat Nabi Muhammad”

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusuran, dalam video Putin sama sekali tidak menyinggung soal Nabi Muhammad. Putin hanya menjelaskan prediksi Einstein terkait Perang Dunia 4 pada sesi tanya jawab yang digelar setiap tahunnya di Moskow pada 7 Juni 2018 lalu. Video lengkap beserta transkrip acara tersebut dapat ditemukan dalam situs c-span.org. Bagian Putin yang menjelaskan prediksi Einstein merupakan potongan pada menit 04:04 hingga 04:45.

Lebih lanjut, potongan video lainnya menunjukkan Putin yang tengah membahas soal kompetisi persenjataan nuklir pada pertemuan Klub Diskusi Valdai pada 19 Oktober 2018 lalu. Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube “Daily Mail” dengan judul video “Vladimir Putin announces ‘Russians will go to Heaven as martyrs’”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna “faktaduniakini” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Rekomendasi