Beredar Artikel, Saking Bencinya Menag dan Islam Nusantara Terhadap Arab, Huruf Arab pada Logo Halal Diganti Wayang, Benarkah?

| 22 Mar 2022 09:05
Beredar Artikel, Saking Bencinya Menag dan Islam Nusantara Terhadap Arab, Huruf Arab pada Logo Halal Diganti Wayang, Benarkah?
Logo Halal Indonesia (Dok Kementerian Agama)

ERA.id - Akun Facebook Miukyo Kyou pada 14 Maret 2022 pukul 06.11 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Tempo.

Artikel tersebut berjudul “Saking Bencinya Menag & Islam Nusantara Terhadap Arab Sampai Logo Halal Yg tadinya Pakai Huruf Arab pun di ganti Dgn Gambar Wayang”.

Akun tersebut juga menulis narasi:
Astaghfirullahal Adzim... Mereka betul2 keterlaluan..

Dikutip dari Turnbackhoax pada Senin (21/03/2022). Setelah ditelusuri melalui website Tempo dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 13 Maret 2022 pukul 12.50 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Kemenag Jelaskan Filosofi Logo Label Halal Baru Mirip Gunungan Wayang”.

 

Turnbackhoax.id



Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel serta kategori Nasional yang ada di atas judul. Kesamaan lainnya terdapat pada nama Reporter dan Editor yaitu Dewi Nurita dan Eko Ari Wibowo. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Tempo telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Kemenag Jelaskan Filosofi Logo Label Halal Baru Mirip Gunungan Wayang” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Rekomendasi