Sambut Lebaran, Bisa Bikin SIM di Masjid

| 04 Jun 2018 16:02
Sambut Lebaran, Bisa Bikin SIM di Masjid
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Leo/era.id)
Jakarta, era.id - Sebentar lagi memasuki masa libur Lebaran. Biasanya, bakal banyak penduduk Jakarta yang mudik ke kampung halamannya. Itu artinya, jalanan Ibu Kota bakal lenggang. Yeaay!

Nah, untuk menjaga itu semua, Polda Metro Jaya punya program khusus. Ada sembilan program yang bakal dilaksanakan buat menjaga stabilitas lalu lintas selama lebaran ini. Program itu diberi nama Berlalu lintas Tertib dan Aman Jakarta atau disingkat "Berteman Jakarta".

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis bilang, program ini merupakan bentuk implementasi Lima Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas (RUNK) yang dijalankan pemerintah. Terus, program ini memiliki tujuan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Upaya-upaya ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas dan mengurangi jumlah laka di wilayah hukum polda metro jaya," kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2018).

Di tempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI mendukung program tersebut. Dia juga berkomitmen memberi dukungan yang diperlukan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. Anies ngakunya kagum dengan ide yang dicanangkan oleh Polda Metro Jaya karena memanfaatkan momen Ramadan untuk melayani masyarakat.

"Mereka hadir di tempat-tempat yang tidak biasa, hadirnya dari sore hingga Subuh, terobosan baru dalam melayani masyarakat, dan Insya Allah akan menginpirasi di daerah-daerah lain," ujar Anies.

Nah, apa sih sebenarnya program tersebut? Yuk kita simak:

1. Simling Mas Ramadahan. Yaitu program yang merupakan implementasi dari pilar safer people dengan cara pelayanan SIM. Nah, yang kerennya nih, pelayanan SIM ini berada di dekat masjid, tujuannya memudahkan masyarakat untuk menerima pelayanan SIM. Makannya program ini dinamain Simling Mas Ramadhan, yang artinya SIM keliling Masjid di kala Ramadan.

2. Hindari Horor, Mudik Tanpa Motor. Program ini adalah aksi edukasi untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebaran tanpa motor. Selain itu, program ini juga mengingatkan soal standar keselamatan sarana angkutan mudik lebaran. Biar apa? Biar mudik Lebaran kalian memenuhi persyaratan standar keselamatan. Lebaran aman, jalanan lancar, jaga keselamatan. 

3. Operasi Ketupat. Nah, operasi ini sih operasi rutin yang dilakukan polisi. Merupakan operasi kendali pusat yang dan merupakan operasi kemanusiaan untuk mewujudkan kamseltibcarlantas selama mudik lebaran dan balik mudik lebaran.

4. RSPA (Road Safety Partnership Action). Kalau program ini adalah program partnership bersama stakeholders bidang lalu lintas, instansi terkait, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas. Program ini merupakan implementasi dari 4 pilar RUNK (safer people, safer vehicle, safer road, dan post crash care). Kamu-kamu bakalan diajarin biar safety di jalanan.

5. SMAS (Smart Mnagement Of SIM). Program ini enggak kalah keren. Yaitu suatu management procces pelayanan SIM yang menggunakan sistem teknologi yang ciamik. Antara lain pembayaran melalui e-banking dan QR barcode. Kebetulannya nih, program ini tembus rekor MURI yaitu pelayanan 24 jam non stop.

6. Stop N Go. Program yang ini merupakan encouragement (memotivasi) masyarakat dengan cara edutainment. Game-game seru gitu deh. Yaitu menampilkan foto pengemudi yang salah (terobos lampu berhenti traffic light) dan pengemudi yang benar (berhenti di traffic light pada saat lampu tanda berhenti menyala). Seru deh!

7. Safety Students Awards. Ini program encouragement (memotivasi) dan program edukasi bagi anak sekolah. Para pelajar itu diajak ikutan lomba kayak cerdas cermat gitu. Selain itu, program ini juga menjadi ajang pemilihan Duta Pelajar Keselamatan Lalu Lintas dan Safety Riding Contest. Top!

8. Lomba Cipta Kawasan Tertib Berlalu Lintas. Kalau yang ini nih, lagi-lagi program encouragement (memotivasi) masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Lomba ini mengajak elemen masyarakat buat menyulap lingkungannya jadi kawasan tertib lalu lintas. Nah, siapa yang mau kawasan perumahannya, kampungnya, atau perusahaannya, jadi 'Kawasan Paling Tertib Beralalu Lintas'? 

9. Safety Riding Jelajah Jakarta. Program ini juga asyik nih. Soalnya, ada coaching clinic safety riding buat komunitas kamu. Program ini bakal keliling Jakarta buat menyapa komunitas sekalian memberitahukan soal safety riding. Habis itu, tentunya jalan-jalan keliling kota. Yeaay!

Rekomendasi