Cara Cek Minyak Goreng Limbah dengan Dimasukkan ke Kulkas Selama 2 Jam akan Muncul Putih, Benarkah?

| 26 Mar 2022 09:05
Cara Cek Minyak Goreng Limbah dengan Dimasukkan ke Kulkas Selama 2 Jam akan Muncul Putih, Benarkah?
Ilustrasi Minyak Goreng (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah unggahan di Facebook oleh akun SakinahOlshop Guntung yang berisi narasi tentang minyak goreng limbah. Dalam narasi tersebut menjelaskan apabila minyak goreng yang ditaruh di kulkas selama 2 jam lalu muncul busa putih maka minyak goreng tersebut merupakan minyak goreng limbah.

Lalu dalam narasi ini juga mencantumkan cara mengetahui minyak goreng limbah menggunakan bawang putih oleh dokter asal Padang yang tidak disebutkan namanya.

NARASI:

“Assalamualaikum bu ibu saya mau infokan tentang minyak goreng yg sekarang lagi beredar dengan merk2 baru hati hati dan waspada ya ..bu ibu sholeha lebih baik mencegah dari pada mengobati

“Ambil minyak goreng dirumah dan masukan ke dalam kulkas selama 2 jam, jika ada busa putih, itu artinya Minyak Goreng Limbah”.

Silakan ungkapkan cinta Anda dan meneruskan informasi ini ke teman dan kerabat.”

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id,  setelah ditelusuri, cara untuk mengetahui kualitas minyak goreng yang diklaim dalam narasi tersebut tidak berdasar.

Melansir Detik.com, cara mengetahui kualitas minyak goreng dapat menyiapkan kertas minyak lalu lebarkan di atas wajan dengan jarak sekitar 10 cm di atas minyak. Apabila ketika dipanaskan banyak timbul bercak perciknya di kertas menandakan kualitas minyak goreng yang jelek. Namun hal ini hanya bisa untuk minyak yang belum pernah dipakai untuk menggoreng. Minyak yang masih bersih belum ada kontaminan itu tidak akan bisa mendidih, minyak dapat dipanaskan sampai hampir 300 ⁰C, dan hanya akan berasap, tidak mendidih. Ketika minyak sudah ada kontaminan/pengotornya, baru minyak akan terlihat mendidih/meletup akibat kontaminan tersebut, namun ini berarti tidak bisa buat mengetes minyak yang sudah pernah dipakai untuk menggoreng.

Lalu untuk membedakan antara minyak goreng asli dan palsu dapat melalui warna, bau, dan tekstur. Minyak goreng asli memiliki warna kuning hingga kuning pucat, lalu minyak goreng asli memiliki bau khas seperti bau kelapa atau tidak berbau sama sekali dan yang terakhir minyak goreng asli memiliki tekstur yang cair dan encer. Apabila menemukan ciri-ciri selain di atas dapat dicurigai keaslian minyak goreng tersebut.

Diketahui juga narasi tersebut merupakan penggalan narasi hoaks sempat beredar pada tahun 2018 dan bulan Januari 2022 lalu. Artikel ini pernah dibahas oleh Turnbackhoax.id dengan judul “[DISINFORMASI] “Mursal (Reporter) Meninggal Terbunuh Setelah Memaparkan Limbah Minyak Goreng” dan “[SALAH] Reporter Bernama Mursal Meninggal setelah Mengungkap Skandal Limbah Minyak Goreng”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook SakinahOlshop Guntung merupakan informasi yang tidak benar dan dapat dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi