2.775 Surat Suara Pilgub Jabar Rusak

| 06 Jun 2018 12:48
2.775 Surat Suara Pilgub Jabar Rusak
Surat suara Pilgub Jabar Rusak (Arie/era.id)
Bandung, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menemukan 2.775 surat suara Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018 dalam kondisi rusak. Hal itu diketahui usai penyortiran dan pelipatan 1.702.683 lembar surat suara selama empat hari lalu oleh 250 petugas honorer.

Menurut Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kota Bandung Akhmad Rozikin, kategori kerusakan surat suara yang ditemukan bermacam-macam mulai dari robek, terdapat titik noda, warna yang terdegradasi, kusut hingga terdapat bercak tinta. Rozikin menduga kerusakan itu sebagian besar terjadi saat proses pencetakan.

"Yang pertama itu ada 148 yang sobek kemudian 555 ada titik nodanya. Kemudian 281 warnanya terdegradasi, 563 surat suara kusut, 728 ada bercak titik dibelakang di surat suara. Kalau dibuka surat suaranya seperti ada titik kelihatan sehingga itu dikategorikan rusak," kata Akhmad Rozikin di gudang penyimpanan surat suara, Jalan Mandala, Bandung, Rabu (6/6/2018).

Rozikin mengatakan dengan adanya temuan surat suara rusak tersebut, otortitasnya telah melayangkan pengajuan penggantian dengan surat suara yang baru kepada KPU Jawa Barat. Untuk jumlahnya jelas Rozikin, sesuai dengan jumlah kerusakan surat suara yang ditemukan.

Sementara untuk surat suara tambahan sebanyak 2,5 persen, disebutkan telah digunakan untuk mengganti sebagian surat suara yang rusak. KPU Kota Bandung menyatakan saat ini seluruh surat suara hasil penyortiran dan pelipatan di gudang penyimpanan Kampus STT Mandala Bandung. (Arie Nugraha)

Tags : pilkada jabar
Rekomendasi