Jokowi Resmikan LRT Palembang 15 Juli

Tim Editor

LRT Palembang (Setkab)

Palembang, era.id - Moda transportasi kereta api dalam kota (light rail transit) Palembang, Sumatera Selatan, akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada pertengahan Juli 2018.

Kepala Proyek LRT Sumsel dari PT Waskita Karya (Persero) Masudi mengatakan, Presiden Jokowi sudah terjadwal meresmikan LRT Palembang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 15 Juli 2018.

"Saat peresmian itu maka secara langsung menandakan LRT Sumsel sudah dapat difungsionalkan dari Bandara SMB II Palembang hingga ke Jakabaring," kata Masudi, di Palembang, seperti dikutip Antara, Minggu (10/6/2018).

Saat peresmian itu, lanjutnya, hanya ada enam stasiun yang sudah selesai dan beroperasil dari total 13 stasiun yang ada. Di antaranya, Stasiun Bandara, Stasiun Palembang Icon, Stasiun Ampera, Stasiun OPI Mall, Stasiun Asrama Haji, dan Stasiun Jakabaring.

"Kami upayakan lebih dari enam stasiun ini. Namun kami bisa memastikan saat gelaran Asian Games yakni pada Agustus nanti total stasiun yang beroperasional ada 10 stasiun. Tiga lagi masih memiliki kendala," kata dia.

Masudi mengatakan, empat stasiun yang akan selesai pengerjaan dan beroperasi pada Asian Games yakni Stasiun Telkom, Stasiun Cinde, Stasiun Polresta Palembang dan Stasiun Dishub Sumsel.

Dia menyebutkan, tiga stasiun lain yang belum dapat beroperasional saat gelaran Asian Games yakni Stasiun Polda, Stasiun Demang Lebar Daun dan Stasiun RSU Provinsi.

"Ini masih terkendala dengan utilitas dan pembebasan lahan untuk pijakan (tangga) LRT. Karenanya kami akan mengejar target penyelesaian usai gelaran Asian Games nanti," kata dia.

Baca Juga: Kejar-kejaran Proyek LRT dengan Asian Games

Menurut Masudi, diperkirakan pada 9 juni tiba dua trainset di pelabuhan Boom Baru Palembang dan segera diuji coba. Kemudian empat gerbong selanjutnya akan tiba usai Lebaran.

"Total ada 8 trainset dan bertahap datang. Rencananya tanggal 9 sampai di Boom Baru dan tanggal 10 langsung dibawa ke Dipo untuk dilakukan pemasangan dan uji coba," ujar dia.

Sebelumnya, dua unit trainset sudah diuji coba. Evaluasi dari uji coba itu, kata Masudi, berjalan lancar tanpa kendala di mana saat uji coba kereta melaju dengan kecepatan 35 kilometer per jam.

"Spesfikasi dan bentuk trainset sama dengan yang telah tiba sebelumnya. Uji coba yang dilakukan sejauh ini baru dilakukan dari depo hingga Stasiun Polresta. Kalau menurut jadwal harusnya uji coba tersebut sudah hingga ke Stasiun Palembang Icon, namun akan bertahap dilakukan," kata Masudi.

Secara umum, kata Masudi, pemasangan rel sudah selesai sehingga progres pengerjaan mencapai 95 persen mulai dari bangunan, jalan, kelistrikan, taman dan lainnya.

"Hanya saja untuk instalasi kelistrikan yang tinggal 6 km dari Stasiun Telkom hingga stasiun bandara yang belum siap. Tapi kami terus melakukan uji coba setiap hari," ujar dia.

 

Tag: lrt jokowi

Bagikan: