Disaksikan Seluruh Pejabat Negara, Anies Resmi Dicopot Hari Ini, Benarkah?

| 22 Apr 2022 16:33
Disaksikan Seluruh Pejabat Negara, Anies Resmi Dicopot Hari Ini, Benarkah?
Anies Baswedan saat dilantik Presiden Joko Widodo (Dok BMPI Sekretariat Presiden

ERA.id - Beredar postingan video di YouTube oleh akun bernama POLITIK INDONESIA. Video tersebut terdapat thumbnail yang mengklaim bahwa Anies Baswedan resmi dicopot dari jabatan sebagai Gubernur DKI.

Postingan itu juga menuliskan:

TEPAT HARI INI

ANIES RESMI DICOPOT:

SELURUH PEJABAT NEGARA MENYAKSIKAN INI

BERITA VIRAL ~ seruan copot anies Baswedan menggema, presiden langsung ambil tindakan ini ~ BERITA

#BERITATERKINI #BERITAHARIINITERBARU #BERITAINDONESIAHARIINI

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (22/4/2022), setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim tersebut adalah Palsu. Video yang berdurasi 8 menit 1 detik tersebut membahas mengenai Anies Baswedan yang mendapat rekomendasi dari Ombudsman, untuk menata dan membuka Jalan Jatibaru Tanah Abang Jakarta Pusat. Ombudsman memberikan waktu kepada Anies 60 hari untuk memberi keputusan, jika melebihi maka ia terancam dibebastugaskan.

Turnbackhoax.id

Diketahui, berita mengenai rekomendasi Ombudsman untuk menata dan membuka Jalan Jatibaru Tanah Abang, sudah beredar sejak tahun 2018. Saat itu, Anies yang menjabat sebagai Gubernur DKI diberi waktu membereskan Jalan Jatibaru Raya karena penempatan PKL di sekitaran jalan dinilai Ombudsman sebagai maladministrasi dan menyalahi peraturan perundang-undangan.

Anies dan Sandiaga Uno saat itu memutuskan untuk membuka Jalan Jatibaru Raya untuk para PKL setelah pembangunan skybridge. Akhirnya pada 23 November 2021, skybridge baru rampung dan Jalan Jatibaru Raya dibuka kembali setelah skybridge dioperasikan untuk pejalan kaki dan para PKL.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim POLITIK INDONESIA adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

Rekomendasi