Menko Luhut Sebut Warga Jawa Barat Mendukung 3 Periode, Benarkah?

| 23 Apr 2022 19:05
Menko Luhut Sebut Warga Jawa Barat Mendukung 3 Periode, Benarkah?
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Akun Facebook Izro’il pada 12 April 2022 pukul 11.09 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik CNBC Indonesia. Artikel tersebut berjudul “Luhut : Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!”.

Akun tersebut juga menuliskan narasi:

"Yappsss benar sekali, saya sangat amat mendukung 3 periode,"

Dikutip dari Turnbackhoax.id, setelah ditelusuri melalui website CNBC Indonesia dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 05 April 2022 pukul 19.52 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel kemudian terdapat keterangan CNBC Indonesia > Tech > Berita Tech pada atas judul.

Turnbackhoax.id

 

Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda. Pada kolom pencarian CMBC Indonesia judul berita “Luhut : Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!” tidak ditemukan artikelnya.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel CNBC Indonesia telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Rekomendasi