Soal Kunjungan Luhut ke Markas Tesla, Ekonom: Memang Boleh Pejabat Temui Seseorang Pakai APBN? Itu Terindikasi Langgar Tupoksi Kementerian

| 26 Apr 2022 22:24
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan saat bertemu Bos Tesla Elon Musk (Facebook Anindya Bakrie)

ERA.id - Ekonom Anthony Budiawan mempertanyakan biaya kunjungan Menko Luhut Binsar Pandjaitan besera rombongan untuk bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di Austin, Texas.

Menurut dia, jika kunjungan tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maka terindikasi melanggar tugas pokok dan fungsi kementerian serta merugikan keuangan negara.

Dia meminta DPR serta Badan Pemeriksa Keuangan untuk melakukan audit.

"Siapa yang membiayai kunjungan ke Elon Musk? APBN? Memang boleh pejabat pergi menemui seseorang pakai dana APBN? Apakah ada undangan? Ini terindikasi melanggar tupoksi kementerian, merugikan keuangan negara, DPR wajib panggil mereka, BPK wajib audit," jelas Anthony Budiawan dikutip dari akun Twitternya pada Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pertemuan dengan CEO Tesla Elon Musk di Austin, Texas.

Dalam pertemuan tersebut Luhut mengajak sejumlah pengusaha dalam negeri untuk bertemu dengan pemilik baru Twitter tersebut.

Rekomendasi