Beredar Foto Baliho PDIP Tak Butuh Suara Islam, Benarkah?

| 28 Apr 2022 16:13
Beredar Foto Baliho PDIP Tak Butuh Suara Islam, Benarkah?
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Akun Twitter kasep MUHIBIN (@Kasep91150177) mengunggah cuitan berupa foto baliho yang berisi pesan bahwa PDIP tidak butuh suara umat islam bersama dengan beberapa logo partai lain, seperti PKB, PPP, Hanura, Golkar, Nasdem, dan Perindo. Cuitan yang diunggah pada 20 April 2022 telah mendapat atensi berupa 18 retweet dan 30 suka.

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Kamis (28/4/2022), berdasarkan hasil penelusuran, foto baliho tersebut adalah hasil suntingan dari baliho berlogo Pemerintahan Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat. Foto asli dari baliho yang pernah diunggah oleh akun Facebook Turiesno Aris pada 11 November 2017 berisi pesan istri kepada suami untuk mencari rezeki yang halal. Baliho asli ini kemudian disunting sedemikian rupa setelah adanya pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang tidak takut ditinggal para pemilih dari kalangan muslim karena mendukung pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Ormas menjadi undang-undang di tahun 2017.

Sebagai tambahan, hoaks yang sama pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [DISINFORMASI] “Billboard Bertuliskan PDIP Tidak Butuh Suara Umat Islam” yang terbit pada 19 Desember 2017.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

Tags : pdip cek fakta
Rekomendasi