Ade Yasin Tersangka KPK, Wabup Iwan Setiawan Ditunjuk sebagai Plt Bupati Bogor

| 28 Apr 2022 20:03
Ade Yasin Tersangka KPK, Wabup Iwan Setiawan Ditunjuk sebagai Plt Bupati Bogor
Wabup Iwan Setiawan

ERA.id - Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengambil alih pimpinan di Kabupaten Bogor pasca Bupati Bogor, Ade Yasin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Penunjukkan itu diperintahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Iwan diminta untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor agar roda pemerintahan di Kabupaten Bogor tetap berjalan.

"Ya kan itu mah normatif, bila mana ada kejadian dan lain sebagainya, maka diganti sementara (Plt).

Kalau hari ini mungkin kita sudah tahu bahwa gubernur secara lisan (sudah menugaskan). Secara administrasinya, Pak Bayu (Kadiskominfo) lagi rapatkan untuk mengurus bagian hukum, untuk mengisi status Plt," kata Iwan Setiawan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (28/4/22).

Menurutnya, status Plt yang ditugaskan Gubernur Ridwan Kamil itu untuk memberikan kewenangan kepada dirinya sebagai orang nomor dua setelah Bupati Bogor.

"Karena mungkin kewenangan, supaya lebih luas kan. Supaya pelayanan tetap jalan," tuturnya.

"Untuk surat tugasnya (resmi) masih dibuat. Mungkin tidak lama,

apalagi hari ini terakhir kerja. Mudah-mudahan proses di sana (Jabar) juga cepat," imbuh Iwan.

Diketahui sebelumnya, pasca mendapatkan informasi Bupati Bogor Ade Yasin ditangkap KPK, Gubernur Ridwan Kamil meminta Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan untuk mengambil alih pimpinan dan koordinasi teknis.

"Saya sudah mengontak Pak Wakil Bupati Bogor untuk segera mengambil alih koordinasi dan kepemimpinan teknis," ujarnya.

"Minimal yang terdekat adalah Kabupaten Bogor harus lancar dalam pelaksanaan manajemen mudik dan Lebaran, serta arus balik," kata Ridwan Kamil.

Rekomendasi