Beredar Video KPK Geledah Anies karena Diduga Gelapkan Dana Formula E, Benarkah?

Tim Editor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video yang berjudul, “BREAKING NEWS!! PENGGELEDAHAN PAKSA KPK, KELAKUAN BUSVK ANIES TERBONGKAR”.

Melalui akun Youtube TV Rakyat yang disebarkan kembali oleh akun Facebook bernama Ning Anny, video ini mengklaim bahwa dengan penggeledahan oleh KPK ini semakin jelas Anies Baswedan telah menggelapkan dana pelaksanaan Formula E. Video ini telah ditonton sebanyak 15 ribu kali setelah diunggah pada 01 Mei 2022.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (10/5/2022), setelah melakukan penelusuran terkait informasi penggeledahan ini, ditemukan fakta bahwa sampai saat ini, KPK belum melakukan penggeledahan kepada seorangpun yang diduga turut ikut dalam penggelapan dana Formula E.


Melansir dari artikel Kompas.com yang diterbitkan pada 27 April 2022, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwara, menyatakan bahwa KPK kini tengah melakukan perbandingan bagaimana penyelenggaraan balap mobil listrik di Jakarta itu, dengan penyelenggaraan serupa di negara-negara lain. Selain itu, Komisi Antirasuah ini juga terus meminta keterangan sejumlah pihak yang terkait dengan penyelenggaraan proyek ini.

Sementara jika mendengarkan isi video yang diunggah ini, tidak ditemukan sama sekali ungkapan bahwa Anies Baswedan telah digeledah oleh KPK terkait dengan proyek penyelenggaraan Formula E. Video ini ternyata berisi keterangan KPK yang menyatakan bahwa penyelidikan terkait penyelenggaraan Formula E masih pada tahapan mencari informasi dan data-data.

Jadi dapat disimpulkan bahwa judul video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan telah digeledah oleh KPK terkait penyelenggaraan Formula E merupakan hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Tag: anies baswedan kpk formula e cek fakta

Bagikan: