Viral, Video Mobil Esemka Beredar di Jalan Jakarta dengan Plat Nomor Menyerupai Tulisan Gaib, Benarkah?

| 24 May 2022 12:14
Viral, Video Mobil Esemka Beredar di Jalan Jakarta dengan Plat Nomor Menyerupai Tulisan Gaib, Benarkah?
Ilustrasi mobil esemka (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan tampak belakang mobil pikap dengan plat nomor kendaraan B 9016 WAI.  Plat nomor ini diklaim menyerupai kata “goib”, karena setelah dicek mobil pikap dengan merek Esemka ini tidak terdaftar dan tidak ada pemiliknya.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, terkait gambar kendaraan dengan plat nomor B 9016 WAI ini bukan merupakan kendaraan goib.

Mobil Esemka 

Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan aplikasi SAMSAT atau e-Samsat Banten. Hal ini dikarenakan huruf “W” pada plat nomor kendaraan tersebut menunjukkan bahwa mobil terdaftar di wilayah hukum Tanggerang Selatan.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (24/5/2022), melansir dari hasil pencarian dengan menggunakan aplikasi SAMBAT atau e-Samsat Banten yang terdapat di artikel Detik.com, diketahui bahwa mobil tersebut adalah mobil Esemka Pikap lansiran 2018 berwarna silver.

Mobil tersebut diketahui masih menjalankan kewajiban pajaknya sampai sekarang dan memiliki masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sampai tanggal 31 Januari 2023.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang mengklaim mobil dengan plat nomor kendaraan B 9016 WAI ini merupakan mobil goib merupakan klaim hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Rekomendasi