Kunjungi Pasar Gede, Jokowi Berikan Bantuan Modal untuk Pengusaha Kecil

| 26 May 2022 21:25
Kunjungi Pasar Gede, Jokowi Berikan Bantuan Modal untuk Pengusaha Kecil
Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Gede, Solo untuk menyalurkan modal bantuan pada warga, Solo, Kamis (16/5/2022).

ERA.id - Presiden Joko Widodo juga menyempatkan berkunjung ke Pasar Gede, Solo, Kamis (26/5/2022). Kunjungannya ini dilakukan setelah selesai menghadiri akad nikah adiknya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Jokowi datang sekitar pukul 12.15 WIB dengan didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Mereka juga didampingi oleh beberapa pejabat, di antaranya Menteri Sosial Tri Risma Harini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo yang sekaligus putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Dalam kunjungannya ini Jokowi membagikan modal usaha untuk warga. Ia meminta agar para penerima bantuan pemerintah ini memanfaatkan modal dari pemerintah ini dengan baik.

”Disyukuri, yang penting bisa untuk tambahan modal usaha,” kata Jokowi disela pembagian modal usaha.

Jokowi juga berjanji akan menambah nominal bantuan jika ada anggaran dari APBN. ”Kalau ada anggaran dari APBN, nanti ditambah (besarannya),” katanya.

Jokowi juga menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pada para kelompok rentan. Tak hanya BLT, penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) juga disalurkan.

Salah satu penerima bantuan, Karsini mengatakan untuk besaran modal usaha yang diberikan oleh Presiden Jokowi sebesar Rp1,2 juta. Selain itu, ada bantuan sebesar Rp300.000 yang merupakan bantuan sosial minyak goreng.

"Tadi pak presiden menyampaikan, kami dikasih bantuan buat modal tambahan usaha. Kalau untung bisa buat beli baju, beli keperluan anak," katanya.

Penjual bibit ikan lele asal Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari ini mengaku senang atas bantuan modal usaha tersebut. Ia mengaku kesulitan menjalankan usahanya karena memang modalnya minim. ”Ini akan betul-betul saya buat modal usaha dulu, karena kemarin memang kurang,” katanya.

Rekomendasi