Sakit Hati karena Disebut Bebek Lumpuh, Jokowi Tampar Rizal Ramli, Benarkah?

| 01 Jun 2022 09:00
Sakit Hati karena Disebut Bebek Lumpuh, Jokowi Tampar Rizal Ramli, Benarkah?
Rizal Ramli (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Youtube dengan nama TV Rakyat. Akun ini mengunggah sebuah video dengan judul “Breaking News!!! GARA GARA DIHINA JOKOWI TAMPAR KERAS WAJAH RIZAL RAMLI”.

Gambar awal yang ditampilkan di dalam video ini juga menunjukkan Jokowi yang seolah-olah ditahan oleh beberapa orang dengan posisi Rizal Ramli di depannya.

Turnbackhoax.id

Namun setelah ditelusuri mengenai klaim judul ini, dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (31/5/2022) ditemukan fakta bahwa judul dan gambar yang menunjukkan bahwa Jokowi telah menampar Rizal Ramli merupakan gambar hasil editan. Menelusuri dari berbagai sumber artikel berita, tidak ditemukan informasi yang dapat membuktikan hal ini.

Rizal Ramli merupakan seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia pada tahun 2015. Sebagai seorang politikus dan pengamat, Rizal Ramli kerap melontarkan kritik terhadap kinerja setiap pejabat pemerintah. Kritik ini juga mengarah kepada Presiden RI saat ini, Joko Widodo.

Melansir dari artikel Suara.com, Rizal Ramli diketahui kerap melontarkan kritiknya kepada kinerja pemerintahan di masa Jokowi. Salah satu yang paling terkenal dan sedang hangat dibicarakan adalah pernyataan dari Riza Ramli yang menyebut Jokowi dengan sebutan “Lame Duck (Bebek Lumpuh)”, karena dianggap tidak lagi memiliki pengaruh yang kuat untuk member perintah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa judul yang menyatakan bahwa Jokowi menampar Rizal Ramli karena menyebutnya Lame Duck (Bebek Lumpuh), merupakan hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Rekomendasi