Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang-Pejagan Ditambah

Tim Editor

Gerbang tol Cikarang Utama (Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya)

Jakarta, era.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengimbau pemudik yang kembali ke Jakarta untuk menggunakan tempat istirahat (TI), tempat istirahat dan pelayanan (TIP), dan tempat istirahat sementara (TIS) yang berada di ruas tol fungsional Batang-Pemalang-Pejagan. Tujuannya, supaya kepadatan di rest area dapat terurai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, kepadatan di rest area berkontribusi terhadap kemacetan di jalan tol akibat adanya antrian kendaraan yang akan masuk. Mengantisipasi kemacetan tersebut terjadi di puncak arus balik, 18 hingga 20 Juni 2018, pihaknya mengoperasikan 11 TI/TIP/TIS yang tersebar di sejumlah titik ruas tol.

Titik tersebut antara lain di ruas Batang-Pemalang Km 321 dan Km 344, ruas Pemalang-Pejagan di KM 252A, Km 275A, dan KM 282B, serta ruas Brebes Timur-Kanci di KM 229B. 

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/6/2018).

Layaknya rest area, di TI/TIP/TIS disediakan area parkir, toilet, air bersih, area kuliner, mushola dan SPBU portable.

Baca Juga: Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Untuk diketahui, tol fungsional akan dibuka selama tiga hari, mulai Senin (18/6/2018) pukul 06.00 WIB hingga Rabu (20/6/2018). Sama seperti arus mudik, saat arus balik, ruas tol akan dibuka 2 lajur untuk satu arah menuju Jakarta. 

Tag: mudik lebaran cuti lebaran megapolitan

Bagikan: