Di Terminal, Arus Balik Lebih Padat Dibanding Mudik

Tim Editor

Ilustrasi arus balik di Tol Cipali (Foto: Setkab)

Jakarta, era.id - Bus yang masuk ke sejumlah terminal di Jakarta makin meningkat jelang berakhirnya libur panjang lebaran. Asal kalian tahu, jumlahnya melebihi bus yang mengantar pemudik meninggalkan Jakarta.

Apa penyebabnya? Jamak kita tahu, sejumlah perusahaan hingga BUMN ramai-ramai menggelar hajatan mudik gratis ke berbagai daerah di Pulau Jawa maupun Sumatera. Namun tidak untuk arus balik. Hampir jarang terdengar adanya program arus balik gratis. Mereka yang pulang kampung menggunakan program mudik bus gratis tidak difasilitasi ketika kembali ke Jakarta.

Arus balik yang menggunakan bus umum terlihat di terminal-terminal bus di Jakarta sejak Minggu (17/6) dan mulai melonjak pada Selasa (19/6). Malah di terminal tertentu, diduga telah mencapai puncaknya.

Di Terminal Bus Kampung Rambutan Jakarta Timur, puncak arus balik Lebaran diperkirakan sudah terjadi karena Kamis (21/6) besok, sudah banyak pemudik yang kembali bekerja.

"Puncak arus balik Lebaran, terjadi pada Senin (18/6) atau kemungkinan pada Selasa hari ini, karena hari Kamis (20/6) sudah mulai bekerja," kata Kepala Satuan Pelaksana Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, seperti kamu kutip dari Antara.

Menurut Thofik, bus angkutan umum bus yang tiba di Terminal Kampung Rambutan membawa penumpang dari berbagai kota di Jawa Barat dan Banten. Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan, pada Minggu (17/6) mencapai 17.492 jiwa dengan 691 bus. Meningkat jadi 22.044 jiwa dengan 734 bus pada Senin (18/6) lalu.

Pada Selasa hingga pukul 08.00 WIB telah mencapai 5.396 jiwa dengan 604 bus. Thofik memperkirakan, jumlah penumpang arus balik tadi lebih ramai dibanding Senin (18/6), yakni sebanyak 22.044 hingga pukul 24.00 WIB. Data Senin, kata Thofik, diperoleh hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan data pemudik yang tiba pada Selasa baru sampai pukul 08.00 WIB.

"Masih ada tiga kali pemutakhiran lagi hingga pukul 24.00 nanti," jelasnya.

Menurut dia, penumpang yang menggunakan bus umum yang tiba di Terminal Kampung Rambutan dari Jawa Barat, rute terjauh yakni Cirebon-Kampung Rambutan, Kuningan-Kampung Rambutan, Tasikmalaya-Kampung Rambutan, serta Lebak-Kampung Rambutan. Sedangkan, bus yang banyak tiba di Terminal Kampung Rambutan dari kota Bandung, Sukabumi, dan Bogor.



Terminal Kalideres

Jumlah penumpang yang tiba di terminal ini hingga Selasa siang mencapai 4.539 orang dengan 217 bus. Atau meningkat dibandingkan pada hari sebelumnya yang mencapai 2.725 orang dengan 197 bus.

Jumlah penumpang yang tiba diperkirakan mencapai puncaknya pada Rabu (20/6) atau Kamis (21/6) hingga dinihari, seiring dengan berakhirnya masa libur atau cuti bersama. "Kemungkinan, kepadatan akan terjadi pada Rabu dinihari nanti. Di sini, mulai nampak peningkatan arus balik. Terlihat, banyak wajah baru tiba di Terminal bus Kalideres," ujar Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain. 

Menurut Revi, kebanyakan kedatangan penumpang terjadi pada malam hari. Ia memperkirakan jumlah penumpang pada Selasa malam atau Rabu dinihari akan terus bertambah dan mencapai 5.000 hingga 5.500 penumpang. Puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada Kamis (21/6) dinihari, atau ketika masa cuti bersama berakhir.

Bagaimana dengan Pelabuhan Tanjung Priok? Puncak arus balik di sini diperkirakan baru akan terjadi pada H+7 Lebaran atau pada Sabtu (23/6).

"Pada puncak arus balik mudik gratis tersebut akan menjadi hari yang terakhir. Jumlah penumpang mencapai 4.700 orang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Lollan Panjaitan.

Hingga Selasa ini, lanjut Lollan Pandjaitan, kapal yang akan membawa penumpang mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu sudah terisi sekitar 90 persen. Selama periode arus balik per hari ini sampai tanggal 23 Juni nanti, total kapal yang akan beroperasi berjumlah 16 kapal.

"Itu total kapasitas 7.600 motor, 15.200 penumpang. Okupansi sampai saat ini sudah rata-rata 70 persen. Pada Selasa ini jumlah penumpang yang tiba sebanyak 1.006 orang dan 407 motor," ujarnya.

Tag: yuk balik lagi

Bagikan: