Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

| 05 Apr 2024 02:02
Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang
Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu di Tangerang. (Antara)

ERA.id - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta, mengerahkan sebanyak 230 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Jaya 2024 untuk mengamankan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Dalam Operasi Ketupat Jaya 2024, sebanyak 230 personel dikerahkan Polresta Bandara Soetta pada pengamanan dan pelayanan arus mudik di waktu lebaran tahun 2024," kata Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu di Tangerang, Kamis (4/4/2024).

Ia mengatakan, sebelum operasi kepolisian dilakukan, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan rutin, baik pengaturan dan penjagaan di jam padat di Kawasan Bandara Soetta.

"Kita sudah laksanakan pengawasan secara rutin baik pagi hari pukul 06.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 WIB," katanya.

Selain itu kegiatan cooling system dalam bentuk bakti sosial, Jumat curhat, serta silahturahmi bersama pimpinan lembaga, tokoh masyarakat, tokoh agama, karyawan, dan kegiatan pengajian bersama anak panti asuhan sudah dilakukan selama bulan Ramadhan tersebut.

"Selain KRYD, kami juga telah melaksanakan operasi pekat yang memiliki target menurunkan angka kriminalitas dengan sasaran 3C (Curat, Curas dan Curanmor), penipuan, dan kejahatan pidana lainnya di wilayah Bandara Soetta. Tujuannya agar pelaksanaan harkamtibmas dapat berjalan dengan baik guna kenyamanan pengguna jasa Bandara Soetta," ujarnya.

Roberto menjelaskan, pada Lebaran 2024 ini pihaknya mendirikan Posko pelayanan kesehatan, pelayanan kepolisian, pelayanan informasi kebandarudaraan dan penerbangan.

"Posko-posko tersebut berlokasi di Terminal 1, 2 dan 3 serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan mudik. Pelayanan tersebut gratis, dengan maksud menciptakan suasana mudik aman, ceria dan penuh makna," ujarnya.

Untuk pos pelayanan berlokasi pada Terminal 1 di pintu keberangkatan 1A, lalu di Terminal 2 lokasi pada Digital Lounge 2E keberangkatan, serta Terminal 3 lokasi pada Gate 3 keberangkatan.

Dalam posko pelayanan itu berupa informasi penerbangan serta di posyan memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik yang memerlukan, termasuk penanganan medis di posyan yang berkolaborasi dengan instansi terkait seperti petugas Avsec, anggota BKO TNI dan pihak Kesehatan Pelabuhan Bandara Soetta.

Lebih jauh, dia pun mengimbau masyarakat agar melakukan mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang pesawat serta kemacetan arus lalu-lintas.

"Momentum Hari Raya Idul Fitri ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat," kata dia. (Ant)

Rekomendasi