Beredar Foto Kelompok Anies Pesta Pora Makan Duit Rakyat, Cek Faktanya..

| 21 Jun 2022 16:42
Beredar Foto Kelompok Anies Pesta Pora Makan Duit Rakyat, Cek Faktanya..
Anies Baswedan (tangkapan layar)

ERA.id - Akun Twitter dengan nama pengguna “MudasirRomini” mengunggah beberapa foto yang menunjukkan Anies Baswedan tengah berada di acara makan bersama dengan beberapa orang lainnya.

Foto tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa Anies tengah mengadakan pesta pora menggunakan uang rakyat.

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (21/6/2022), berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto pesta pora yang diselenggarakan oleh Anies Baswedan menggunakan uang rakyat.

Faktanya, foto tersebut merupakan foto ketika Anies diundang makan malam oleh beberapa tokoh di Kota Makkah pada tahun 2017 lalu. Foto yang sama juga telah diunggah oleh akun Facebook resmi Anies Baswedan pada 28 Agustus 2017.

Narasi serupa juga pernah beredar pada tahun 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Foto Gubernur Anies sedang Makan dengan Sekumpulan Orang Jawa Tulen” yang diunggah pada 20 Juli 2020.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “MudasirRomini” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Rekomendasi