Gerindra dan Demokrat Sepakat Lanjutkan Komunikasi Politik Usai Pertemuan AHY-Prabowo, Sinyal Koalisi?

Tim Editor

Ketum Gerindra Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/6). (ANTARA)

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subinato menyebut partainya memiliki banyak kesamaan dengan Partai Demokrat. Kedua partai tersebut sepakat melanjutkan komunikasi dengan baik.

Hal itu disampaikan usai manjamu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediamannya Jalan Kertanegara Nomor IV, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022) malam.

"Kita pernah kerja sama. Kita punya banyak persamaan ideologis, persamaan visi. Kita sama-sama sangat komit, sangat berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika," kata Prabowo.


Prabowo mengaku merasa terhormat sebab bisa menjamu elite Partai Demokrat. Apalagi pertemuan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Namun, karena adanya pandemi Covid-19, pertemuan kedua tokoh itu harus tertunda dan baru bisa bertemu malam ini.

"Kita merasa bahwa kita sebagai pimpinan partai politik punya tanggung jawab untuk menjalin komunikasi yang baik," kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu menambahkan, baik Gerindra maupun Demokrat sepakat untuk melanjutkan komunikasi yang sudah terjalin dengan baik. Sebab, dia memegang prinsip bahwa 1.000 kawan masih terlalu sedikit.

"Karena itu kita sepakat untuk terus melanjutkan komunikasi ini dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

"Prinsip Gerindra adalah 1.000 kawan terlalu sedikit sehingga kita ingin menjalin komunikasi, kita ingin merintis kerja sama dengan sebanyak mungkin pihak, sama-sama kita harus bekerja keras untuk mencari solusi terbaik pada kesulitan yang masih dihadapi bangsa Indonesia," paparnya.

Sementara AHY menambahkan, bahwa pertemuan itu hanya sebatas saling berdiskusi dan bertukar pikiran tentang banyak hal, baik isu-isu dalam negeri hingga global.

AHY bilang, Prabowo dalam pertemuan tersebut menyampaikan kepada dirinya terkait ruang untuk Demokrat bisa bekerja sama dengan Gerindra.

"Yang jelas kita ingin terus membangun komuniaksi yang baik. Tadi disampaikan beliau bahwa selalu ada ruang untuk bisa bekerja sama apalagi kalau tujuannya untuk menghadirkan solusi untuk negeri ini," kata AHY.

Namun AHY tak tegas soal apakah Demokrat dan Gerindra sudah memutuskan berkerja sama dalam mengahadapi Pemilu 2024.

Dia hanya memastikan bahwa silaturami yang dilakukannya hari ini ke Prabowo akan terus berlanjut dilakukan.

"Jadi mudah-mudahan, tentunya kita bisa makin meningkatkan komunikasi aan silaturahmi semacam ini sehingga pada saatnya kita bisa berkontribusi lebih luas lagi untuk Indonesia," pungkasnya.

Tag: gerindra ahy demokrat prabowo subianto pilpres 2024

Bagikan: