Abu Janda Sindir Telak ACT: Rendang Babi Haram, Nilep Donasi Halal

Tim Editor

Abu Janda (Instagram)

ERA.id - Pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda kembali melakukan sindiran terhadap ACT yang diduga menyelewengkan dana donasi.

Melalui akun Instagramnya, Abu Janda mengunggah meme foto dirinya dengan narasi "Rendang Babi Haram, Nilep Donasi Halal".

"As* Tenan," jelas Abu Janda pada Selasa (5/7/2022).

(Instagram Permadi Arya)



Sebelumnya, dugaan penyelewengan dana donasi umat di tubuh organisasi itu viral di media sosial, salah satunya di twitter, setelah diulas majalah nasional, Tempo.

Hingga pukul 16.00 WIB, Aksi Cepat Tanggap masih berada di posisi puncak pembahasan warganet dan menjadi topik yang paling dibicarakan publik Tanah Air.

Berdasarkan pengakuannya, terkait penggunaan dana umat untuk operasional ACT, Presiden ACT Ibnu Khajar mengklaim bahwa organisasinya mencomot 13,7 persen dari dana yang berhasil dihimpun. Karena, kata dia, berdasarkan syariat lembaga zakat memperbolehkan mengambil seperdelapan atau 12,5 persennya untuk operasional.

"Lantas mengapa mengambil 13,7 persen? Karena yang kami kelola bukan lembaga zakat, apalagi yang dikelola adalah dari donasi umum ada dari masyarakat, CSR, sedekah dan ada kerja sama dengan amal zakat," kata dia.

Menurut dia, tingginya alokasi dana operasional itu untuk menutupi distribusi program. Sebab, ACT memiliki 78 cabang dan perwakilan di lebih dari 47 negara. Kendati demikian, ia mencoba meyakinkan masyarakat bahwa ACT telah berbenah yang ditandai pergantian pimpinan.

"Pasca-pergantian pimpinan maka saya mewakili ACT menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Kami tidak menutup mata ada permasalahan di dalam lembaga," kata dia.

Tag: abu janda ACT permadi arya

Bagikan: