Zelenskyy Beserta Rakyat Ukraina Marah Sudah Difitnah dan Direndahkan Jokowi, Cek Faktanya..

| 11 Jul 2022 19:11
Zelenskyy Beserta Rakyat Ukraina Marah Sudah Difitnah dan Direndahkan Jokowi, Cek Faktanya..
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Instagram)

ERA.id - Akun Helo dengan nama pengguna “AMRAN ARIEF” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar artikel CNN Indonesia berjudul “PRESIDEN ZELENSKY DAN RAKYAT UKRAINA BANTAH DAN MARAH SUDAH DI FITNAH DAN DI RENDAHKAN JOKOWI”.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Senin (11/7/2022), dalam artikel tersebut juga dicantumkan bahwa Zelensky mengecam pernyataan Jokowi sebagai kebohongan besar.

Tangkapan layar 

Berdasarkan hasil penelusuran, artikel dalam foto hasil tangkapan layar tersebut bukan merupakan artikel yang diunggah oleh CNN Indonesia.

Faktanya, CNN Indonesia tidak pernah mempublikasikan artikel dengan tangkapan layar tersebut. Adapun berita yang dimuat CNN Indonesia terkait Zelensky dan Jokowi berjudul “Ukraina Jawab Klaim Jokowi soal Zelensky Titip Pesan ke Putin” yang diunggah pada 3 Juli 2022 dan berisi klarifikasi topik pembicaraan dalam pertemuan di Ukraina.

Dalam artikel tersebut, klarifikasi disampaikan oleh Juru Bicara Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov. Zelensky juga tidak mengecam pernyataan Jokowi sebagai kebohongan besar, melainkan hanya menyatakan bahwa segala pesan darinya akan disampaikan secara langsung, bukan melalui perantara.

Tangkapan layar artikel CNN Indonesia dengan desain serupa telah banyak beredar sebelumnya. Salah satu artikel dengan topik serupa telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Berita CNN tentang “TEKA-TEKI KEHADIRAN ADAE ARMANDO DI GEDUNG DPR-RI, BABAK BELUR DI HAJAR SEKELOMPOK ORAG TERJAWAB SUDAH” yang diunggah pada 20 April 2022.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Helo dengan nama pengguna “AMRAN ARIEF” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

Rekomendasi