Dari Ukraina, Jokowi dan Rombongan Terbatas Kembali ke Polandia untuk Teruskan Perjalanan ke Moskow Rusia

| 30 Jun 2022 11:12
Dari Ukraina, Jokowi dan Rombongan Terbatas Kembali ke Polandia untuk Teruskan Perjalanan ke Moskow Rusia
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas selesai melakukan lawatan ke Ukraina, sekaligus bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6). Selanjutnya, Jokowi dan rombongan kembali ke Polandia untuk meneruskan perjalanan ke Moskow, Rusia.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas kembali ke Polandia dengan menumpangi Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat.

Dari Kyiv, Ukraina, Jokowi beserta rombongan akan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Adapun dalam pertemuan dengan Presiden Zelensky, Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Sementara dalam pertemuan itu, Presiden Zelensky berterima kasih kepada Indonesia karena telah memberi dukungan kepada negaranya dan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina. Jokowi, kata Zelenskyy juga mewakili pemimpin G20 serta ASEAN.

"Ukraina berterima kasih kepada warga Indonesia dan dukungan Jokowi terkait kemerdekaan negaranya," jelas Zelensky.

Dia juga mengatakan negaranya optimistis bisa tetap menjaga kemerdekaan Ukraina melawan penjajah Rusia.

"Saya berterima kasih kepada Joko Widodo karena mendukung wilayah dan kemerdekaan Ukraina," jelas Zelensky.

Rekomendasi