Beredar Video Pendukung PDI-P Menyerukan “Aku Butuh PKI”, Cek Faktanya..

| 25 Jul 2022 08:05
Beredar Video Pendukung PDI-P Menyerukan “Aku Butuh PKI”, Cek Faktanya..
Tangkapan layar (Turnbackhoax.id)

ERA.id - Akun Twitter dengan nama pengguna “myputun” mengunggah sebuah video yang menunjukkan video sekumpulan pendukung PDI-P yang tengah menyerukan yel-yel. Video tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa para pendukung PDI-P tersebut menyerukan “Aku butuh PKI”.

Akun tersebut juga menulis narasi:

JADI RAKYAT TAK BISA HERAN KALAU DI KANDANG PDIP BANYAK ANAK KETURUNAN PKI, JADI MASIH MAUKAH RAKYAT TERUTAMA UMAT ISLAM MEMILIH KANDIDAT BAIK LEGISLATIF & CALON PRESIDEN ASAL PDIP PADA PEMILU 2024??

Turnbackhoax.id

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, video tersebut telah diunggah pada 27 Juni 2020 oleh kanal YouTube “Desy Tiyana”, di mana orang-orang dalam video tersebut menyerukan “Aku PDI Perjuangan, Aku dudu PKI”. Dalam Bahasa Jawa, kata “dudu” memiliki arti “bukan” dalam Bahasa Indonesia.

Narasi serupa juga pernah beredar pada tahun 2021 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.di dengan judul “[SALAH] Video “AKU BUTUH PKI”” yang diunggah pada 11 Oktober 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “myputun” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Tags : pdip cek fakta
Rekomendasi