Gerindra-PKB Resmi Deklarasi Koalisi Pemilu 2024, Soal Capres-Cawapres Belum Final

ERA.id - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendeklarasikan koalisi untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Deklarasi kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan piagam deklarasi koalisi oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Setelah itu, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid membacakan isi piagam deklarasi tersebut di depan para kader.

Terdapat lima poin perjanjian kerja sama antara Partai Gerindra dan PKB yang disepakati oleh kedua belah pihak. Salah satunya menyangkut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Waketum PKB Jazilul mengatakan, capres dan cawapres yang bakal diusung koalisi diserahkan pada keputusan kedua ketum partai, yaitu Prabowo dan Cak Imin.

"Capres dan cawapres oleh kerjasama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Muhaimin Iskandar," kata Jazilul saat membacakan poin di piagam tersebut.

Lalu pada poin lainnya, disebutkan bahwa Gerindra dan PKB tetap membuka diri untuk partai politik lainnya yang berminat bergabung dengan koalisi mereka.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bersedia dicalonkan sebagai presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

"Dengan ini, saya menyatakan, bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden RI," kata Prabowo.