6 Style Kemeja Pria untuk Berbagai Acara

ERA.idOutfit atau style pria dalam berpakaian tak bisa diabaikan. Pakaian yang digunakan perlu disesuaikan dengan event atau keperluan. Salah satu gaya berpakaian yang bisa dipilih adalah menggunakan kemeja. Nah, style pria kemeja ada cukup banyak.

Jenis yang beragam membuat Anda tak bisa sembarangan dalam memilih kemeja demi penampilan yang maksimal. Jika Anda salah menggunakan kemeja, mata orang-orang tentu akan dengan cepat menyerbu Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kemeja yang bisa dipilih untuk menunjang penampilan.

Pilihan Style Kemeja Pria untuk Tampil Keren

1. Kemeja Formal

Bisa dibilang, jenis ini adalah kemeja yang harus Anda miliki. Kemeja formal biasanya digunakan saat menghadiri acara yang bersifat resmi, salah satunya saat melamar pekerjaan di perusahaan tertentu.

Kemeja ini biasanya disebut sebagai dress shirt, ciri umumnya adalah lengan panjang dan cenderung polos atau bermotif sederhana. Kemeja formal juga punya beberapa jenis, sepertu runcing, sayap, dan cutaway.

Anda bisa memadukan kemeja formal dengan sepatu pantofel. Ini adalah pasangan yang sangat serasi. Anda juga bisa menambahkan aksesoris pendukung, seperti dasi, jas, dan jam tangan.

2. Kemeja Lengan Pendek

Kemeja tak harus berlengan panjang. Ada beberapa jenis kemeja berlengan pendek yang akan membuat penampilan tampak rapi, tetapi tidak kaku. Kemeja ini bisa dipilih untuk digunakan dalam acara santai tetapi Anda tidak ingin tampak berantakan.

3. Kemeja Flannel

Banyak anak muda zaman sekarang yang menyukai kemeja jenis ini. Kemeja flannel adalah salah satu jenis kemeja yang sangat menunjukkan kesan santai. Selain itu, kemeja ini bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis celana dan perlengkapan pakaian yang lain. Cara memakainya pun bisa dikancingkan ataupun tidak.

Ilustrasi kemeja flanel (unsplash)

Pada zaman dahulu, kemeja flannel identik dengan pekerja lapangan atau bahkan orang yang melakukan pekerjaan kasar. Tak heran jika kemeja ini  memiliki tekstur kain yang tebal karena diharapkan bisa menahan udara dingin. Ciri khas kemeja flannel adalah motif kotak-kotak dan bahan kain tebal.

4. Kemeja Batik

Kemeja batik sudah sangat dekat dan mudah ditemukan oleh masyarakat Indonesia. Dahulu, kemeja ini mungkin masih dihindari oleh anak muda. Kesan “orang kuno”, “orang tua”, atau “orang udik” adalah penghambat pengenalan anak muda dengan kemeja ini.

Namun, sekarang banyak anak muda yang suka menggunakan kemeja batik, baik yang berlengan panjang maupun pendek. Terlebih lagi, saat ini batik telah diakui oleh dunia. Tentu orang Indonesia harus bangga saat menggunakan kemeja ini.

Umumnya, kemeja ini digunakan saat acara resmi dan semi formal. Kemeja ini juga kerap digunakan saat acara pernikahan. Kadang, orang juga menggunakan kemeja batik untuk kegiatan keagamaan. Beberapa anak muda juga sudah membiasakan diri untuk menggunakan kemeja ini untuk berjalan-jalan atau bekerja di perusahaan swasta.

5. Kemeja Oxford

Kata oxford diambil dari salah satu kain yang digunakan sebagai bahan utama kemeja ini. Kemeja oxford merupakan salah satu kemeja klasik yang digunakan selama lebih dari 100 tahun. Ciri khas dari kemeja oxford adalah tekstur kain tebal, desain kancing, desain kerah, dan ada gantungan di bawah kerah belakang kemeja.

Kemeja oxford bisa digunakan dalam acara yang formal maupun semi formal. Selain itu, kamu juga bisa melakukan mix and match kemeja Oxford ini dengan celana chino atau celana berbahan jeans.

6. Kemeja Denim

Kain denim termasuk bahan yang nyaman untuk dipakai dalam berbagai kegiatan. Kemeja denim punya ketebalan yang berbeda-beda. Jika melihat iklim di Indonesia, ada baiknya Anda memilih kemeja denim yang dengan bahan yang tidak terlalu tebal agar tidak membatasi ruang gerak. Selain itu, sirkulasi udaranya lebih lancar.

Ilustrasi kemeja denim (unsplash)

Kemeja denim bisa dipadukan dengan kaus polos dengan membuka kancingnya secara keseluruhan. Anda juga bisa menggulung bagian lengan hingga ke siku untuk menunjukkan kesan maskulin.

Itulah beberapa style kemeja pria yang bisa Anda gunakan agar penampilan semakin keren. Pemilihan kemeja yang tepat dibutuhkan agar tidak terlihat aneh di kerumunan.